Gegara Cuaca Ekstrem Harga Cabai Merah di Ambon Rp110 Ribu/Kg 

Antara · Kamis, 08 Juli 2021 - 18:59:00 WIT
Gegara Cuaca Ekstrem Harga Cabai Merah di Ambon Rp110 Ribu/Kg 
Komoditas cabai merah di Ambon, Provinsi Maluku, mengalami kenaikan Rp110 ribu/kg. Foto: Antara/John Soplanit

AMBON, iNews.id - Harga cabai merah di pasar tradisional Kota Ambon naik 49 persen atau mencapai Rp110 ribu per kg gegara cuaca ekstrem. Pedagang menaikan harga karena berkurangnya pasokan dari daerah asal.

Salah seorang pedagang, Anif mengatakan, cuaca turut mempengaruhi harga cabai merah. Tingginya curah hujan dan cuaca ekstrem yang terjadi sejak akhir Mei 2021 mendorong kenaikan harga cabai.

"Harga cabai yang sekarang ini sudah bertahan sejak empat hari yang lalu hingga kini belum ada perubahan turun, dan kalaupun terjadi perubahan harga turun tidak berlangsung lama, pasti dua hari kemudian terjadi lagi perubahan," ujarnya, Kamis (8/7/2021).

Menurutnya, harga naik karena pasokan cabai dari daerah penghasil berkurang bahkan kualitas cabai merah cenderung buruk karena sebagian besar busuk. Hanif menerima pasokan dari Pulau Seram, Maluku Tengah, dan Makassar, Sulawesi Selatan.

"Cabai merah biasa yang saya jual dengan harga Rp110 ribu/kg ini dipasok dari Pulau Seram dan Pulau Buru. Sedangkan yang Rp75-80 ribu/kg ini di pasok dari Makassar yang diangkut dengan kapal laut," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing

Halaman : 1 2