Distribusi Lancar, Harga Cabai dan Bawang Putih di Ambon Turun

Antara ยท Rabu, 29 April 2020 - 18:21 WIT
Distribusi Lancar, Harga Cabai dan Bawang Putih di Ambon Turun
Ilustrasi cabai merah. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - Harga cabai dan bawang di Ambon, Provinsi Maluku mulai turun di hari ke enam bulan Ramadan, Rabu (29/4/2020). Turunnya harga diduga pascakapal dari Pulau Jawa tiba di Maluku dan membawa kebutuhan pokok.

Seperti terpantau di Pasar Batu Merah dan pasar Mardika, harga cabai merah berada di kisaran Rp50.000 hingga Rp55.000 per kilogram. Padahal hari sebelumnya, harga cabai menembus angka Rp60.000 per kilogram.

Sedangkan cabai merah keriting panjang kini menjadi Rp35.000 per kilogram. Padahal sebelumnya berada di angka Rp40.000 per kilogram.

Untuk harga bawang juga turun dan bervariasi. Kini bawang putih ada di harga Rp40.000 dari sebelumnya Rp45.000 per kilogram.

Salah satu pedagang di Pasar Batu Merah, Nurjana mengatakan harga bawang mulai turun sejak Selasa (28/4/20200) malam.

"Tetap saya mau katakan bahwa harga bawang maupun cabai di Kota Ambon selalu saja berfluktuasi, tidak pernah bertahan dalam kurun waktu satu minggu," ujarnya.

Nurjana mengaku memang harga kedua bahan kebutuhan masak ini selalu tergantung stok di pasar. Dia berharap dengan adanya stok yang cukup banyak ini dapat mempertahankan harga jual kepada pembeli.

Sementara pedagang cabai pasar Mardika, Junaidy mengatakan, stok cabai terlihat cukup banyak, baik cabai merah biasa maupun keriting panjang. Hal ini disebabkan karena arus pasokan dari sentra produksi terutama dari Desa Gemba, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Namlea, Kabupaten Buru, cukup lancar.

Sedangkan bumbu masak lainnya seperti jahe, lengkuas, kunyit, dan sereh dijual bervariasi yakni Rp5.000 hingga Rp10.000 per ikat kecil.


Editor : Umaya Khusniah