Cegah Bentrokan Meluas, Bupati Maluku Tengah : Tolong Tahan Diri Jangan Terprovokasi

Antara · Rabu, 26 Januari 2022 - 19:39:00 WIT
Cegah Bentrokan Meluas, Bupati Maluku Tengah : Tolong Tahan Diri Jangan Terprovokasi
Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal (kiri), berdialog dengan warga dan aparat keamanan terkait konflik antarwarga Desa Ori-Kariuw, Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Rabu dini hari (26/1/2022). (Foto: Antara).

AMBON, iNews.id - Semua pihak diminta menahan diri dan tidak terprovokasi. Sikap ini dinilai penting agar bentrokan antarwarga Desa Ori dan Kariuw, Pulau Haruku tidak meluas ke daerah lain.

Pernyataan itu disampaikan oleh Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal terkait bentrokan yang terjadi dua daerah yang lokasinya berdekatan itu.

"Saya minta semua pihak yang memiliki ikatan darah atau pertalian Pela-Gandong dengan warga kedua negeri ini, tidak ikut melibatkan diri dengan kejadian saat ini. Tolong tahan diri dan tidak terprovokasi isu-isu yang tidak jelas sumbernya," ujar Abua di Ambon, Rabu (26/1/2022).

Dia bersama Kepala Polresta Ambon Kombes Pol Raja Arthur Simamora, Dandim Pulau Ambon Kolonel Infantri Cristian Soumokil melihat langsung situasi dan kondisi terkini di kedua kampung bertetangga tersebut. Bahkan, kata dia sempat bertemu dan berdialog dengan para tokoh agama untuk mencari solusi penyelesaiannya konflik tersebut.

"Beta (saya) harap konflik yang terjadi di Pulau Haruku ini tidak meluas dan melebar ke daerah lainnya. Semua pihak hendaknya dapat menahan diri dan tidak lagi ikut memperkeruh situasi saat ini," katanya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: