Cegah Bentrok Susulan di Maluku Tenggara, TNI Dirikan 9 Pos di Titik Rawan Konflik

Antara ยท Senin, 14 November 2022 - 22:07:00 WIT
Cegah Bentrok Susulan di Maluku Tenggara, TNI Dirikan 9 Pos di Titik Rawan Konflik
Komandan Kodim (Dandim) 1503 Tual, Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya. (Foto: Antara)

LANGGUR, iNews.idKodim 1503 Tual membangun 9 pos di wilayah Kei Besar, Maluku Tenggara terutama di wilayah-wilayah rentan konflik. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya bentrok susulan yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Setiap pos ditempatkan personel baik di Ohoi Elat maupun Ohoi Bombay dan sekitarnya.

“Untuk anggota TNI, baik dari Kodim 1503 maupun Kkramil sudah dikerahkan ke Kei Besar, termasuk Kompi 734 Ibra,” kata Komandan Kodim (Dandim) 1503 Tual, Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya, Senin (14/11/2022).

Dandim menegaskan, TNI akan membantu pemerintah daerah memediasi konflik sosial antarwarga yang mengakibatkan jatuh korban jiwa di Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Maluku.

"Kita bersama-sama, baik pemda, Polri, kecamatan, ohoi (desa), tokoh agama, adat, dan masyarakat akan berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menyelesaikan permasalahan ini," katanya.

Menurut Dandim, persoalan atau konflik sosial yang terjadi saat ini tidak akan terjadi jika warga menyikapi dengan pikiran positif.

Bentrokan antarwarga terjadi pada 12 November 2022 dipicu konflik lahan warga Ohoi Elath dengan Ohoi Bombay yang akhirnya menyebar ke sejumlah desa lain. Akibatnya, dua warga meninggal dunia, puluhan warga luka-luka, puluhan bangunan rumah, dan sekolah rusak dibakar.

Menurut Yudha, saat ini pembangunan sudah banyak dilakukan pemerintah di wilayah Kei Besar sehingga jangan diganggu dengan hal-hal yang mengarah ke negatif.

"Sangat disayangkan jika konflik sosial terus terjadi," kata Yudha.

Dalam proses mediasi, lanjutnya, TNI akan membantu Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Apa pun bentuknya saya akan mencurahkan perhatian kepada warga, khususnya di wilayah Kei Besar," katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: