Bupati Thaher Tegaskan Bentrok 2 Desa di Maluku Tenggara Bukan Konflik Agama

Antara · Senin, 14 November 2022 - 13:09:00 WIT
Bupati Thaher Tegaskan Bentrok 2 Desa di Maluku Tenggara Bukan Konflik Agama
Suasana bentrok warga dua desa di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. (Foto : Humas Polda Maluku)

LANGGUR, iNews.id - Bentrok warga dua desa di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku kembali pecah pada Sabtu (12/11/2022). Peristiwa ini menyebabkan dua orang tewas, puluhan terluka dan sejumlah rumah serta sekolah dibakar.

Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun menegaskan, bentrokan warga di Kecamatan Kei Besar bukan merupakan konflik agama. Dia meminta masyarakat jangan mudah terprovokasi.

"Saya sampaikan dengan tegas insiden pertikaian yang terjadi pada Sabtu tanggal 12 November 2022 tidak ada kaitannya dengan pertikaian agama," ujar Thaher, Minggu (13/11/2022).

Menurutnya, pertikaian ini melibatkan dua kelompok masyarakat di Pulau Kei Besar, yakni antara masyarakat Ohoi (Desa) Bombay dan Ohoi Elat, kemudian menyebar ke beberapa desa lainnya. Pemicu bentrok yakni sengketa lahan yang akhirnya mengakibatkan jatuhnya korban dan kerusakan bangunan.

Bupati Thaher mengajak pihak-pihak yang bertikai untuk berdamai dan menghentikan insiden memilukan tersebut. Berbagai langkah koordinatif baik dengan aparat keamanan, TNI dan Polri, tokoh agama, tokoh adat dan pemerintah daerah telah dilakukan. Tujuannya agar dapat sesegera mungkin mengembalikan situasi kondusif serta mengusahakan perdamaian di antara pihak-pihak yang bertikai.

Sambil proses itu terus berjalan, Thaher mengimbau semua pihak untuk menahan diri dan mewaspadai penyebaran hoaks.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: