Bulog Divre Maluku Tetap Selenggarakan Operasi Pasar untuk Jaga Kestabilan Harga Beras

Antara ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 11:07 WIB
Bulog Divre Maluku Tetap Selenggarakan Operasi Pasar untuk Jaga Kestabilan Harga Beras
Ilustrasi stok beras Bulog. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Maluku tetap melakukan operasi pasar (OP) di sejumlah pasar tradisional di Kota Ambon. Dalam OP, Bulog akan menjual beras, minyak goreng, dan gula pasir.

"Kegiatan OP untuk menjaga kestabilan harga di pasar terutama beras dan juga gula pasir," ujar Kepala Perum Bulog Divre Maluku, Muhammad Taufiq, Kamis (9/7/2020).

OP akan melibatkan sejumlah pedagang yang ada di Pasar Mardika dari di Pasar Batu Merah yang selama ini melakukan kerja sama dengan Bulog Maluku. Kegiatan akan ini terus berlangsung hingga Desember 2020 sesuai dengan surat pemberitahuan dari pusat harga beras yang ditetapkan Rp10.000 per kilogram (kg).

"Dari hasil pemantauan di Pasar Mardika terlihat beras Bulog ada yang dipatok Rp11.000, namun itu tidak terkait dengan kegiatan operasi pasar khusus Bulog yang menjual beras dengan harga Rp10.000 per kg," ujarnya.

Begitu juga dengan gula pasir merek KBA yang didatangkan sejumlah agen. Oleh pedagang, harga yang dipatok mencapai Rp16.000 per kg. Sedangkan OP gula pasir yang digelar Bulog Maluku Rp12.500 per kg. Sementara untuk minyak goreng dipatok Rp13.500 per kg.

Dia menjelaskan, selama pemerintah meminta OP, Bulog tetap melaksanakan. Apalagi dengan situasi dan kondisi Covid-19 sekarang ini, Bulog selalu menyiapkan stok.

Bulog Maluku juga mendukung kegiatan sejumlah instansi terkait maupun swasta yang menyalurkan sembako kepada masyarakat. Bulog akan terus menyediakan beras, gula pasir, maupun tepung terigu, dan minyak goreng.


Editor : Umaya Khusniah