BNPB : Gempa Melonguane M7,1 Rusak 6 Rumah Warga di Pulau Morotai, 24 Jiwa Terdampak

Antara ยท Kamis, 19 Januari 2023 - 22:23:00 WIT
BNPB : Gempa Melonguane M7,1 Rusak 6 Rumah Warga di Pulau Morotai, 24 Jiwa Terdampak
Peta gempa M7,1 yang mengguncang Melonguane dan getarannya terasa di seluruh wilayah Sulut hingga Gorontalo dan Malut. (Foto : BMKG)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah kerusakan terjadi di Kabupaten Morotai, Maluku Utara akibat dampak gempa bumi Magnitudo 7,1 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara, Rabu (18/1/2023). Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada enam rumah warga yang rusak di Pulau Morotai.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, telah mendapat laporan dari BPBD Pulau Morotai sedikitnya ada 24 jiwa terdampak gempa tersebut.

“Lalu ada dua unit rumah rusak di Desa Sabatai Tua, Kecamatan Morotai Selatan dan empat unit rumah rusak di Desa Sangowo Barat, Kecamatan Morotai Timur,” ujarnya di Jakarta, Kamis 19/1/2023).

Abdul memastikan tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut. Situasi juga sudah kondusif dan kerugian material masih dalam pendataan lebih lanjut.

Menurutnya, laporan sementara dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB, gempa yang berpusat di 2.80 LU dan 127.11 BT itu juga dirasakan di Kabupaten Halmahera Barat dan Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: