Berhasil Tangani Konflik Ambon, Unhan Beri Gelar Kehormatan untuk Megawati

Riezky Maulana ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 11:34:00 WIT
Berhasil Tangani Konflik Ambon, Unhan Beri Gelar Kehormatan untuk Megawati
Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri bakal menerima gelar profesor kehormatan dari Unhan melalui sidang senat terbuka Jumat (11/6/2021). Mega dinilai berhasil mengatasi krisis multidimensi dan konflik Ambon. Foto: Antara

JAKARTA, iNews.id - Universitas Pertahanan (Unhan) akan memberi gelar profesor kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) kepada Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Unhan menilai Mega layak mendapat gelar tersebut karena berhasil menangani konflik sosial, seperti yang terjadi di Ambon.

Rektor Unhan, Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian, menuturkan, gelar tersebut diberikan kepada Mega lantaran dinilai berhasil menghadapi krisis multidimensi pada massa pemerintahannya. Pengukuhan profesor kehormatan kepada Mega akan dilakukan pada Jumat (11/6/2021) melalui sidang senat terbuka.

"Unhan mencatat keberhasilan Megawati saat di pemerintahan dalam menuntaskan konflik sosial seperti penyelesaian konflik Ambon, penyelesaian konflik Poso, pemulihan pariwisata pascabom Bali, dan penanganan permasalahan TKI di Malaysia,” ucap Octavian dalam keterangannya, belum lama ini.

Aspek lainnya, kata Octavian, Mega menjadi presiden perempuan pertama di Indonesia. Bahkan, pada era pemerintahannya, Indonesia untuk kali pertama menggelar pemilu legislatif dan pemilu presiden secara langsung.

Sebelum pengukuhan gelar profesor oleh Ketua Senat Unhan, Mega akan menyampaikan orasi ilmiah. Selaku kandidat penerima gelar, Mega juga akan didampingi sejumlah Guru Besar pendamping kandidat.

Editor : Erwin Sihombing