7 Tumbuhan Endemik Indonesia, Nomor 2 Pemakan Serangga

Silfia Rahmah Harahap ยท Rabu, 21 September 2022 - 19:03:00 WIT
7 Tumbuhan Endemik Indonesia, Nomor 2 Pemakan Serangga
Tumbuhan endemik Indonesia, salah satunya kantong semar. (Foto: Antara).

AMBON, iNews.id - Tumbuhan endemik Indonesia merupakan salah satu sumber kekayaan Indonesia. Tumbuhan endemik Indonesia ini tidak dapat dijumpai di tempat lain.

Tumbuhan endemik merupakan tumbuhan yang berkembang disuatu daerah atau wilayah tertentu dan menjadikan tumbuhan tersebut ciri khas dari daerah atau wilayah tersebut.

Berikut jenis tumbuhan endemik Indonesia:

1. Anggrek Hitam

Tidak seperti tanaman anggrek biasa yang ditemui berwarna putih dan ungu. Anggrek hitam yang terdapat di Kalimantan dan Papua ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu berwarna hitam. 

Perbedaan asal ini menjadikan, anggrek hitam terbagi menjadi dua bagian, yaitu anggrek hitam Kalimantan dan anggrek hitam Papua.

Keindahan dan keunikan yang dimiliki, sehingga  anggrek hitam diminati banyak orang. Saat ini anggrek hitam termasuk tanaman yang dilindungi keberadaannya mulai langka. Selain langka, tumbuhan ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. 

2. Kantong Semar

Tumbuhan endemik Indonesia ini mempunyai keunikan yaitu pemakan daging seperti serangga dan hewan kecil lainnya. Pada kantong yang terdapat di tumbuhan tersebut mengandung lilin yang sangat licin sehingga membuat serangga atau hewan kecil lainnya sulit kabur jika terperangkap di kantong tersebut. 

Banyak yang mengira kantong pada tumbuhan ini merupakan bunganya. Kenyataannya kantong tersebut merupakan daun yang sudah termodifikasi. 

3. Bunga Padma Raksasa

Bunga biasa dikenal dengan Rafflesia Arnoldi ini mempunyai satu bunga terdiri dari lima kelopak besar, kasar dan tebal memiliki warna oranye dan berbintik berwarna putih. Pada saat bunga mulai mekar, diameternya dapat mencapai 70-110 sentimeter dengan tinggi 50 sentimeter. 

Bunga padma ini memiliki keunikan cukup aneh karena mempunyai bau busuk, sehingga dijuluki bunga bangkai. Tumbuhan ini keberadaannya juga mulai terancam punah karena ketidaksadaran dan ketidakpahaman masyarakat yang menimbulkan perusakan dan pengambilan secara asal-asalan. 

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: