64 Peserta Lulus dalam Tahap I Penerimaan Calon Bintara Polri Polda Maluku Utara

Antara · Kamis, 25 November 2021 - 10:35:00 WIT
64 Peserta Lulus dalam Tahap I Penerimaan Calon Bintara Polri Polda Maluku Utara
Pemuda asal Maluku Utara ikut dalam seleksi polri. (Foto: Antara).

TERNATE, iNews.id - Sebanyak 64 peserta lulus dalam tahap I penerimaan Bintara Polri 2022 Polda Maluku Utara. Seleksi dilakukan melalui tiga jalur, salah satunya bakat.

Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol Adip Rojikan mengatakan, ada tiga jalur yang dipakai yakni  pemanduan bakat, tindakan afirmatif dan penghargaan.

"Penyaringan proaktif Bintara Polri tahun anggaran 2022 Panda Polda Malut dilaksanakan pada 10 November hingga 17 Desember 2021," kata Kombes Pol Adip di Kota Ternate, Rabu (23/11/2021).

Penyartingan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor: Kep/1696/XI/2021 tanggal 8 November 2021 tentang penyelenggaraan rekrutmen proaktif dalam penerimaan Bintara Polri tahun anggaran 2022.

Dia menjelaskan, untuk kategori pemanduan bakat merupakan kebijakan yang diberikan secara khusus kepada kelompok atau golongan tertentu secara proporsional bagi putra-putri daerah, termasuk suku pedalaman dan warga di pulau terpencil terluar di Indonesia.

Sedangkan tindakan afirmatif adalah kategori pencarian bakat dan potensi khusus yang dibutuhkan oleh Polri dari prestasi akademi.

Katagori penghargaan diberikan Polri kepada anak-anak anggota polisi yang gugur dalam tugas dan memiliki penghargaan yang dipersyaratkan serta kepada anak-anak masyarakat yang gugur atau berperan aktif menjaga situasi Kamtibmas.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: