Warga Hibahkan Patung Martha Cristina Tiahahu ke Museum Siwalima Ambon

Antara · Rabu, 13 Oktober 2021 - 15:15:00 WIT
Warga Hibahkan Patung Martha Cristina Tiahahu ke Museum Siwalima Ambon
Museum Siwalima Ambon. (Foto: Antara).

AMBON, iNews.id - Warga di Desa Abubu Pulau Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, menghibahkan patung Martha Cristina Tiahahu ke Museum Siwalima Ambon. Penyerahan ini untuk memperingati 200 tahun kematian pahlawan nasional asal Maluku tersebut.

Pemandu Museum Siwalima, Mefi Mailoa mengatakan, patung tersebut sebelumnya berdiri di Desa Abubu sejak 2018. Namun mereka sepakat menghibahkan patung lama ke Museum Siwalima.

"Dalam memperingati 200 tahun Cristina, mereka diberikan patung Martha Cristina Tiahahu yang baru, jadi yang lama diberikan kepada kita, dan akan diresmikan nanti," kata Mefi di Kota Ambon, Maluku, Rabu (13/10/2021).

Martha Christina Tiahahu merupakan pahlawan nasional yang lahir di Desa Abubu Pulau Nusalaut pada 4 Januari 1800. Cristina melawan penjajah Belanda sejak berumur 17 tahun, membantu ayahnya Kapitan Paulus Tiahahu.

Kapitan Paulus sendiri berjuang bersama Thomas Matulessy (Pattimura) dalam perang tahun 1817 melawan Belanda. Cristina wafat dalam usia masih muda pada 2 Januari 1818.

Dia mengatakan, patung Cristina yang dihibahkan berambut terurai dengan ikatan kepala serta memegang tombak dan ditaruh menghadap laut di Museum Siwalima.

Patung tersebut akan diresmikan pada 8 November 2021 dalam rangka memperingati Hari Museum Nasional sekaligus Hari Ulang Tahun ke-48 Museum Siwalima. 

"Jadi kita buatnya di tanggal itu (8 November-Red) saja," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: