Vaksinasi Lansia di Ambon Baru 41,47 Persen, Sasaran Diperluas

Antara · Kamis, 10 Juni 2021 - 16:24:00 WIT
Vaksinasi Lansia di Ambon Baru 41,47 Persen, Sasaran Diperluas
Vaksinasi Covid-19 pada kelompok pra-lansia yakni usia 50 tahun ke atas. Foto: Antara

AMBON, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Ambon memperluas sasaran vaksinasi Covid-19 kepada kelompok pralansia dengan usia 50 tahun ke atas. Sedangkan total lansia yang menerima vaksinasi baru 41,47 persen atau masih di bawah target.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy, mengatakan, kelompok warga usia 50 tahun ke atas di Ambon sudah bisa diklasifikasikan kelompok rentan. Dinkes akan melakukan jemput bola untuk mempercepat vaksinasi. 

"Kami mulai menyasar kelompok pralansia menjadi prioritas vaksinasi, karena mereka masuk dalam kelompok rentan," ujar Wendy, Kamis (10/6/2021).

Perluasan cakupan vaksinasi, ujarnya, sesuai dengan surat edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/2021 tentang percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kelompok pralansia. Surat edaran tersebut menegaskan umur 50 tahun ke atas sudah bisa mendapatkan vaksinasi karena dianggap kelompok usia rentan.

"Kami berupaya agar bukan hanya kelompok lansia tapi pralansia juga menjadi prioritas vaksinasi," katanya.

Wendy mengatakan, petugas akan mendatangi rumah-rumah lansia untuk menyuntik vaksin. Diharapkan warga mau menerima vaksinasi agar target vaksinasi 50 persen lansia bisa dicapai.

"Pemerintah menganjurkan lansia menjadi prioritas karena kita belum capai 50 persen, diharapkan kedepan akan terus meningkat," ujar Wendy. 

Editor : Erwin Sihombing