Maluku Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

Binti Mufarida ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 13:35:00 WIT
Maluku Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem
Provinsi Maluku berpotensi mengalami cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. Foto: Antara

JAKARTA, iNews.id- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menganalisa adanya sirkulasi siklonik terpantau di Timur Filipina yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan barat Filipina hingga Filipina. Konsekuensinya, sejumlah provinsi di Indonesia berpotensi dilanda cuaca ekstrem.

BMKG menyebutkan, sirkulasi lain terpantau di Papua Barat yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Papua hingga Papua Barat. Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari pesisir barat Sumatera Utara hingga Selat Malaka, dari Bengkulu hingga Jambi bagian barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, di Kalimantan Barat, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di Sulawesi Tengah, di Maluku Tenggara dan memanjang di Papua bagian tengah.

“Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” ungkap BMKG dalam keterangannya, Kamis (10/6/2021).

Dengan kondisi ini, 18 provinsi berpotensi di landa cuaca ekstrem. 16 provinsi berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang sedangkan dua provinsi mengalami hujan disertai kilat dan angin kencang.

Wilayah yang dilanda hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yakni Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Sedangkan wilayah lain berpotensi mengalami hujan disertai kilat dan angin kencang adalah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Editor : Erwin Sihombing