Vaksinasi Anak di Maluku Hanya Diizinkan di Ambon, Ini Alasannya

Antara ยท Selasa, 11 Januari 2022 - 17:06:00 WIT
Vaksinasi Anak di Maluku Hanya Diizinkan di Ambon, Ini Alasannya
Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - Pemerintah Kota Ambon, Provinsi Maluku, menargetkan program vaksinasi untuk 31.384 anak usia 6-11 tahun di daerah itu. Target ini coba diselesaikan selama tiga hari.

"Hari ini kita mulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun, yang dilaksanakan serentak selama tiga hari, 11-13 Januari 2022, di 64 lokasi vaksinasi," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, di Ambon, Selasa (11/1/2022).

Di Maluku, vaksinasi anak 6-11 tahun dilaksanakan di Ambon. Kota ini menjadi satu-satunya di Provinsi Maluku yang diizinkan melaksanakan vaksinasi anak.

Indikator diizinkannya daerah melaksanakan vaksinasi anak ada dua. Pertama, vaksinasi secara umum mencapai lebih dari 70 persen dan kedua, capaian vaksinasi lansia mendekati 70 persen.

"Saat ini capaian vaksinasi tahap pertama mencapai 93 persen, sehingga Kota Ambon diizinkan untuk melaksanakan vaksinasi anak 6-11 tahun," kata Richard.

Pelaksanaan vaksinasi anak diawali dengan sosialisasi kepada seluruh orang tua anak, yang dilaksanakan oleh OPD di lingkup Pemkot Ambon.

Sosialisasi ini melalui pendekatan tiap OPD pembina kelurahan, desa dan negeri, yang bertanggung jawab pada setiap sekolah di wilayah pendampingan.

"Setiap OPD langsung turun melakukan sosialisasi kepada seluruh orang tua, dan hari ini kami mulai melaksanakan vaksinasi secara bertahap di total 64 lokasi yang telah ditetapkan selama tiga hari," ujar dia

Richard meminta masyarakat agar tidak mudah terjebak informasi di media sosial yang mengarah ke hoaks.

"Upaya tersebut sama sekali tidak mengurungkan niat bagi orang tua untuk membawa anak untuk disuntik vaksin," kata Richard.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: