Toleransi Antarumat Beragama, Warga Nonmuslim Sumbang Sapi ke Masjid Raya Al Fatah Ambon

Fandi wattimena ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 08:56 WIB
Toleransi Antarumat Beragama, Warga Nonmuslim Sumbang Sapi ke Masjid Raya Al Fatah Ambon
Sapi kurban yang ada di Masjir Raya Al-Fatah Ambon. (Foto: iNews/Fandi Wattimena)

AMBON, iNews.id – Pengurus Majelis Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku menyumbangkan seekor sapi kepada Masjid Raya Al Fatah Ambon dalam rangka Hari Raya Idul Adha. Bantuan tersebut merupakan wujud toleransi antarumat beragama di Kota Ambon, Maluku.

Sapi tersebut berjenis kelamin jantan dan berumur empat tahun. Hewan tersebt diserahkan langsung oleh Pengurus Sinode Gereja Protestan Maluku kepada imam besar masjid raya, pekan lalu.

Pengurus Masjid Raya Al-Fatah, Fauzi Atamimi mengatakan, sumbangan hewan kurban oleh gereja bukan kali pertama. Setia tahun, mereka rutin menyumbang seekor sapi sebagai wujud toleransi umat beragama yang selama ini terbangun kuat di Maluku.

“Sumbangan hewan itu juga sebagai tanda ucapan selamat Idul Adha dari Gereja Protestan untuk umat Islam di Maluku,” katanya Jumat (31/7/2020).

Selain itu, menurutnya, dalam Islam pun tidak melarang sumbangan hewan dari umat nonmuslim untuk disembelih pada Hari Raya Idul Kurban. Namun demikian, sifat utama hewan kurban berubah menjadi hadiah.

Hadiah tersebut tetap akan diserahkan kepada mereka yang berhak menerima mulai dari kaum dhuafa hingga janda dan anak yatim, termasuk bila penerima beragama nonislam.

Sapi dari Gereja Protestan disembelih bersamaan dengan hewan kurban lain. Untuk Hari Raya Idul Adha tahun ini, Masjid Raya Al Fatah menerima 18 ekor sapi dan empat ekor kambing untuk dikurbankan.


Editor : Umaya Khusniah