Pemkot Ambon Salurkan 67 Ekor Sapi dan Kambing Jelang Idul Adha

Antara ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 15:04 WIB
Pemkot Ambon Salurkan 67 Ekor Sapi dan Kambing Jelang Idul Adha
Sapi kurban. (Foto: iNews/Widori Agustino)

AMBON, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku menyalurkan 67 ekor hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1441 H. Hewan-hewan tersebut disalurkan kepada perwakilan masjid di Kota Ambon, Rabu (29/7/2020).

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, bantuan hewan kurban yang diserahkan merupakan bentuk kepedulian sosial pemerintah kepada masyarakat saat hari besar keagamaan.

"Hewan kurban akan diserahkan kepada kaum dhuafa sebagai bentuk menjaga ketahanan fisik terutama dalam suasana pandemi Covid-19," katanya, Rabu (29/9/2020).

Dia mengaku tidak semua masjid di Kota Ambon memperoleh bantuan hewan korban dari pemkot. Hewan kurban karena diberikan kepada pengurus masjid dan panitia yang telah mengajukan permintaan atau proposal.

"Jadi bantuan hewan kurban diberikan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan warga maupun pengurus masjid. Bantuan ini bukan untuk cari nama tetapi bentuk tanggung jawab sosial pemkot kepada masyarakat," katanya.

Perayaan Idul Adha tahun ini dimaknai untuk membangun semangat persaudaraan serta meningkatkan semangat berkurban antarumat beragama terutama di masa pandemi Covid-19.

"Saya berharap proses pemotongan hewan kurban menerapkan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari adanya kerumuman," kata Richard.

Sementara Plt Kepala Bagian Kesra kota Ambon, Fenly Masawoy menyatakan, hewan kurban yang disalurkan sebanyak 22 ekor sapi dan 45 ekor kambing. Klasifikasinya, satu ekor sapi type A dengan bobot 180 kg, satu ekor sapi type B bobot 160 kg, dan sapi type C bobot 110 kg.


Editor : Umaya Khusniah