Tingkatkan Kompetensi Para Penyelamat, Basarnas Ternate Lakukan Pembinaan Bawah Air

Antara ยท Sabtu, 21 November 2020 - 08:49:00 WIT
Tingkatkan Kompetensi Para Penyelamat, Basarnas Ternate Lakukan Pembinaan Bawah Air
Pembinaan underwater bagi rescuer Basarbas Ternate. (Foto: Antara)

TERNATE, iNews.id - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) melaksanakan kegiatan pembinaan bagi penyelamat di bawah air. Acara yang diselenggarakan 19-25 November 2020 ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan para penyelamat Basarnas Ternate dalam pelaksanaan operasi SAR.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, M Arafah mengatakan,  pembinaan ini merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk meningkatkan kesiapan para  penyelamat Basarnas Ternate dalam pelaksanaan operasi SAR. Tujuannya agar dapat terlaksana sesuai harapan dan meminimalisasi  jumlah korban.

"Ada delapan personel yang diberikan pembinaan. Mereka berasal dari Basarnas Ternate di antaranya dari personel Pos SAR, Unit Siaga Sar dan anak buah kapal (ABK), katanya, Jumat (20/11/2020).

Dia mengatakan, pelaksanaan dilakukan secara bergiliran dan bertahap kepada para penyelamat yang ditunjuk.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa sesi. Hari pertama diberikan materi di kelas. Selanjutnya praktek langsung di Kolam Bobane Ichi dan aplikasi di Pantai Falajawa, Ternate.

Sedangkan, instruktur berasal dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Malut. Keseluruhan berjumlah berjumlah tiga orang.


Editor : Umaya Khusniah