Tingkatkan Kinerja Bersama, Kapolda Kunjungi Komnas HAM Maluku

Insany Syahbarwaty ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 12:26 WIT
Tingkatkan Kinerja Bersama, Kapolda Kunjungi Komnas HAM Maluku
Kapolda Maluku dan Komnas HAM duduk bersama bahas kasus HAM. (Foto: iNews/Insany Syahbarwaty)

AMBON, iNews.id - Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar mendatangi Kantor Komnas HAM perwakilan Maluku, Rabu (15/7/2020). Dalam kunjungan ini, kapolda bertekad menuntaskan kasus HAM di Maluku yang belum selesai.

"Selain bersilaturahmi, kami hadir disini juga untuk membahas apa yang menjadi kinerja kita bersama," kata kapolda yang didampingi Irwasda Polda Maluku, Dir Reskrimum dan Kabid Propam Polda Maluku.

Dia mengaku, selama bertugas di Polda Maluku, kasus yang banyak ditemui yakni persoalan antarkampung, kekerasan dalam rumah tangga serta pertikaian dan konflik horizontal. Dia yakin, jika semua pihak sudah duduk bersama, setiap persoalan yang terjadi di Maluku dapat diselesaikan dengan baik.

Salah satu di antaranya, kasus yang terjadi di Pulau Seram yang melibatkan PT Nusa Ina. Menurutnya, dampak konflik yang sangat besar. "Kami sudah menerima beberapa laporan dari permasalahan tersebut. Kami harapkan dari pihak Komnas HAM juga harus melihat serta memantau hal ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Komnas HAM Maluku, Benediktus Sarkol mengatakan, pihaknya juga sudah pernah melakukan peninjauan atas laporan warga setempat atas permasalahan di PT Nusa Ina. Kasus itu berlangsung dari tahun 2015 hingga 2017.

"Saat kami turun, yang ditemui di sana adalah penanaman kelapa sawit yang sudah melewati batas tanah tertentu. Kondisi ini membuat gejolak dan akar dari sebuah permasalahan yang terjadi di sana," ujarnya.

Sarkol menjelaskan permasalahan di PT Nusa Ina, mirip seperti kasus yang terjadi di Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah yaitu Negeri Haria Dan Negeri Porto. Hingga terjadi saling membakar kampung dan mengakibatkan banyak korban.

"Harapan saya ke depan, kami siap dalam status untuk pentahapan setiap persoalan. Kami akan selalu berkolaborasi untuk menyelesaikan persoalan yang ditangani Komnas HAM," kata Sarkol.


Editor : Umaya Khusniah