Kapolda Maluku Minta Ombudsman Pantau Kinerja Kepolisian

Fandy Wattimena ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 04:56 WIT
Kapolda Maluku Minta Ombudsman Pantau Kinerja Kepolisian
Kapolda Maluku bersama jajaran pejabat utama Polda Maluku terkait pengamanan Pilkada 2020. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar meminta Ombudsman Perwakilan Maluku untuk memantau kinerja kepolisian khusunya dalam pelayanan publik. Upaya itu dinilai penting untuk mencegah maladministrasi.

"Dengan adanya pembahasan ini juga kami bisa bersama-sama menangani apa yang menjadi keluhan masyarakat dan menjelaskan serta menyelesaikan pelayaan publik yang benar-benar cacat dengan apa yang menjadi tanggung jawab kita bersama," kata Irjen Pol Baharudin Djafar saat berkunjung ke kantor Ombudsman Perwakilan Maluku, Rabu (15/7/2020).

Kapolda menyatakan sinergitas menjadi sangat penting dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik.

"Kita mau dalam pelayanan sehingga mayarakat merasakan bahwa kita benar-benar ada dan melayani apa yang menjadi keluhan masyarakat," ujar Kapolda.

Sebagai wujud komitmen, Polda Maluku akan turun tangan untuk menyelesaikan berbagai pelaporan masyarakat yang tertunda proses penyelesaiannya.

"Kami menjelaskan juga kepada Ombudsman, kalau dalam jangka waktu 16 hari tidak ada permasalahan yang selesai sesuai apa yang kita bahas maka Polda sendiri yang akan tindaklanjuti untuk penyelesaian lebih lanjut," ujarnya.

Kepala Ombudsman Perwakilan Maluku, Hasan Slamat mengapresiasi sikap Polda Maluku dalam upaya menciptakan pelayanan publik yang baik. 

Ombudsman, kata dia, juga akan memantau terus kinerja kepolisian dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Kami dari Ombudsman juga akan terus memantau pelaksanaan kinerja Polri dalam hal ini pelayanan kepada masyarkat serta tanggapan publik. Kami juga berterimakasih juga untuk pelayanan babinkamtibmas yang banyak perubahan untuk melayani masyarakat," ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki