Tiga Hal Disiapkan untuk Dukung Ambon Jadi Kota Musik Dunia

Antara · Kamis, 13 Januari 2022 - 17:47:00 WIT
Tiga Hal Disiapkan untuk Dukung Ambon Jadi Kota Musik Dunia
Tempat ngopi di Ambon Maluku. (Foto: Istimewa).

AMBON, iNews.id – Kota Ambon, Provinsi Maluku, terus disiapkan menjadi Kota Musik Dunia. Ambon Music Office (AMO) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyusun peta jalan tiga sektor yang mendukung hal tersebut.

"Kita pada 2022 mulai menyusun peta jalan tiga sektor pendukung yakni kuliner, fashion dan videografi, bekerja sama dengan Kemenparekraf dan Baparekraf," kata Direktur AMO, Ronny Loppies, Kamis (13/1/2022).

Menurut Ronny, musik telah menjadi lokomotif utama. Gerbong selanjutnya yang akan ditarik yakni sektor kuliner, fashion dan videografi.

Kuliner Maluku, disebut sudah cukup dikenal. Produk fashion berupa tenun dan lainnya juga sudah dikenal.

Sementara videografi di era digital disebut banyak dimanfaatkan generasi muda sebagai strategi pemasaran produksi.

"Saat ini banyak anak muda di Ambon yang bermain video, sehingga perlu menjadi perhatian bagian dari sektor pendukung musik," kata Ronny.

Penyusunan peta jalan, kata Ronny, adalah bagian dari program unggulan AMO pada 2022. Kemudian ditunjang tiga program lainnya, yakni music for healing atau terapi pasien dengan musik, penyusunan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata kota Ambon periode 2021-2026, dan muatan lokal wajib musik di sekolah.

Program Music for Healing atau terapi pasien dengan musik akan dilaksanakan di RSUD dr M. Haulussy dan RSUP Dr J Leimena, bekerja sama dengan Komisi Penyalahgunaan AIDS Maluku.

Sementara, penyusunan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata kota Ambon 2021-2026, adalah upaya revisi RIPAR sebelumnya yang tidak memasukan Ambon kota musik dunia.

Sedangkan pada 2022, akan ditingkatkan sekolah yang menerapkan kurikulum muatan lokal wajib musik di 20 sekolah percontohan.

"Pada 2021 hanya 10 sekolah, di 2022 meningkat menjadi 20 sekolah dengan menyentuh Sekolah Luar Biasa (SLB)," kata Ronny.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: