Terpidana Korupsi Bandara Moa Maluku Barat Daya Dieksekusi ke Lapas Ambon

Antara ยท Jumat, 23 Oktober 2020 - 10:26:00 WIT
Terpidana Korupsi Bandara Moa Maluku Barat Daya Dieksekusi ke Lapas Ambon
Sunarko, terpidana kasus korupsi dana proyek pembangunan konstruksi Bandara Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan Ambon. (Foto: Antara)

AMBON, iNews.id - Terpidana kasus korupsi dana proyek pembangunan konstruksi Bandara Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Maluku dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan Ambon. Sebelumnya, terpidana sempat masuk DPO Kejaksaan Tinggi Maluku.

Sunarko menyandang status buron sejak April 2020. Dia ditangkap atas kerjasama Kejaksaan Agung RI dengan Kejati Maluku dan Riau setelah berstatus DPO.

"Hari ini kita mengeksekusi terpidana Sunarko dan uang Rp3,142 miliar yang disita. Itu nanti dihitungkan dengan uang hasil perhitungan kerugian keuangan negara oleh BPK RI Perwakilan Provinisi Maluku," kata Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Maluku, M Rudy, di Ambon, Kamis (22/10/2020).

Menurut dia, nantinya sisa dana yang disita dari tangan terpidana dikembalikan, atau apakah untuk dibayarkan dendanya Rp200 juta dan subsider dua bulan kurungan.

Sementara Asintel Kejati Maluku, Muji Murtopo menjelaskan, Sunarko dieksekusi untuk perkara pembangunan konstruksi Bandara Moa, Kabupaten MBD. Sumber dana dari APBD kabupaten tahun anggaran 2012 dengan pagu Rp25 miliar.


Editor : Umaya Khusniah