Terjerat Kasus Penipuan, Ketua DPRD dan Legislator Morotai Jadi Tahanan Kota

Antara ยท Sabtu, 09 April 2022 - 11:46:00 WIT
Terjerat Kasus Penipuan, Ketua DPRD dan Legislator Morotai Jadi Tahanan Kota
Penyidik Polres Pulau Morotai resmi melimpahkan berkas tahap II kasus dugaan penipuan secara bersama-sama yang melibatkan Ketua dan anggota DPRD ke Kejaksaan dengan status tahanan kota. (Antara/Abdul Fatah)

TERNATE, iNews.id - Ketua DPRD Morotai Rusminto Pawane dan seorang anggota DPRD Suhari Lohor menjadi tahanan kota. Hal ini setelah Polres Pulau Morotai, Maluku Utara melimpahkan berkas tahap II keduanya sebagai tersangka dalam kasus dugaan penipuan secara bersama-sama ke Kejaksaan setempat.

"Karena keduanya ancaman hukuman di bawah 5 tahun, maka dikenakan tahanan kota. Jadi tidak bisa kemana-mana, cukup di Morotai saja," ujar Kasatreskrim Polres Morotai Iptu Kris Tofel, Jumat (8/4/2022).

Dalam pelimpahan tersebut, penyidik menyerahkan barang bukti dan empat tersangka, yakni Ketua DPRD Pulau Morotai Rusminto Pawane, anggota DPRD Suhari Lohor, seorang pegawai honorer Sofyan Eteke dan warga bernama Yohanes Kaletuang. 

Keempatnya dilaporkan pengusaha bernama Tonny Laos dalam dugaan penipuan jual beli lahan milik Suhari. Pengusutan kasus ini berdasarkan Laporan Polisi Nomor LP/B/88/XII/2022/SPKT/Polres Pulau Morotai/Polda Malut tertanggal 14 Desember 2021. Sementara penyerahan tersangka dengan Surat Pengantar Kasat Reskrim Polres Morotai Nomor B/326/IV/2022/Reskrim, B/327/IV/2022/Reskrim dan B/328/IV/2022/Reskrim.

"Untuk pengiriman tersangka dan barang bukti telah kami lakukan," katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: