Terima Kunjungan Wali Kota Ambon, Moeldoko Dukung Revitalisasi Benteng Victoria

Antara ยท Jumat, 18 September 2020 - 13:24:00 WIT
Terima Kunjungan Wali Kota Ambon, Moeldoko Dukung Revitalisasi Benteng Victoria
Benteng Nieuw Victoria Ambon, Maluku. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko mendukung upaya revitalisasi Benteng Victoria Kota Ambon, Maluku. Hal yang harus dipersiapkan yakni lahan dan anggaran pembangunan dalam APBN.

"Saya telah mendengar dan mengikuti perkembangan revitalisasi Benteng Victoria ini, termasuk upaya yang dilakukan pemkot. Hal ini tidak terlalu sulit karena baik pemerintah daerah maupun TNI dalam hal ini Kodam XVI Pattimura, sama-sama membutuhkan, apalagi KASAD sudah menyetujui," katanya saat pertemuan dengan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, di Kantor Staf Presiden, Kamis (17/9/2020).

Moeldoko mengatakan, pihaknya akan mendorong anggaran revitalisasi ke Bappenas. Tujuannya, agar bisa dimasukkan dalam rencana strategis Bappenas tahun anggaran 2021.

Dia menambahkan, revitalisasi tidak boleh dipersulit. Revitalisasi ini bukan untuk kepentingan komersial, tetapi untuk pendidikan, bela negara, pariwisata dan ekonomi.

Sebagai langkah selanjutnya, pihaknya akan mengundang Bappenas, Kementerian Keuangan, PUPR dan Kemenhan untuk membicarakan realisasi revitalisasi ini.

“Karena ini hanya pindah buku kan, tidak perlu ada hitung-hitungan ganti rugi. Oleh karena itu kita akan kerja keras supaya bisa direalisasikan," katanya.

Sementara Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menjelaskan, pertemuan dengan berbagai pihak telah dilakukan untuk revitalisasi ini. Di antaranya Kodam XVI Pattimura yang saat itu masih dipimpin Doni Moenardo.

Setelah itu, Pemkot Ambon juga mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku, DPRD Kota Ambon dan DPRD Maluku. Pertemuan dengan Kepala Staf Angkaran Darat (KASAD) juga telah dilakukan. Kasad pun mendukung revitalisasi tersebut.

Pertemuan dengan menteri pariwisata dan ekonomi kreatif serta menteri pertahanan juga telah dilakukan Pemkot Ambon.

“Proses revitalisasi ini tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, tetapi upaya agar bisa diproses dan masuk penganggaran di tahun 2021 telah dilakukan dengan intens. Benteng ini memiliki nilai sejarah tentang awal berdirinya Kota Ambon,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah