Terdakwa Kepemilikan Ganja Sintetis di Ambon Divonis 6 Tahun, Kuasa Hukum dan JPU Pikir-Pikir

Antara ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 14:47 WIB
Terdakwa Kepemilikan Ganja Sintetis di Ambon Divonis 6 Tahun, Kuasa Hukum dan JPU Pikir-Pikir
Ilustrasi vonis. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id – Terdakwa kepemilikan narkotika golongan satu jenis tanaman berupa satu paket kecil daun ganja sintetis, M Yandri Tuahuns alias Ongen (31), divonis penjara selama enam tahun oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Ambon, Maluku. Putusan ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ela Ubleuw yang meminta terdakwa dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp800 juta subsider enam bulan kurungan.

"Menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melanggar pasal 112 ayat (1) Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan menjatuhkan vonis selama enam tahun penjara dan denda sebesar Rp400 juta subsider enam bulan kurungan," kata ketua majelis hakim, Achmad Ukayat didampingi Jenny Tulak dan Ronny Felix Wuisan di Ambon, Rabu (27/5/2020).

Hal yang memberatkan terdakwa dihukum penjara yakni tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas penggunaan dan penyebaran narkotika serta obat-obat terlarang. Sedangkan yang meringankan adalah terdakwa bersikap sopan dan mengakui perbuatannya, dan terdakwa belum pernah dihukum.

Sidang pembacaan vonis ini berlangsung secara online pada Rabu (27/5/2020). Atas putusan tersebut, baik terdakwa melalui penasihat hukumnya Peny Tupan dari Lembaga Bantuan Hukum Humanum Maluku maupun JPU menyatakan pikir-pikir. Majelis hakim memberikan waktu selama tujuh hari untuk menyampaikan sikap.

Sebelumnya, terdakwa Yandri alias Ongen ditangkap anggota Dit Resnakoba Polda Maluku pada tanggal 14 Januari 2020 sekitar pukul 10:00 WIT. Saat itu, yang bersangkutan hendak menjemput paket yang dikirimkan seseorang dari luar daerah melalui sebuah perusahaan jasa penitipan barang.

Polisi yang mendapatkan informasi adanya paket yang dicurigai berisikan narkoba ini langsung melakukan pemantauan. Petugas akhirnyamenangkap terdakwa beserta barang bukti berupa satu paket kecil narkoba golongan satu jenis ganja sintetis.


Editor : Umaya Khusniah