Tenaga Medis Terpapar Covid-19, Layanan Kesehatan RSUD Tobelo Halut Ditutup Sementara

Antara · Kamis, 03 September 2020 - 11:08 WIT
Tenaga Medis Terpapar Covid-19, Layanan Kesehatan RSUD Tobelo Halut Ditutup Sementara
Ilustrasi tes usap. (Foto: iNews/Robby Ridwan)

TERNATE, iNews.id - Pelayanan kesehatan di RSUD Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) dihentikan sementara. Langkah ini diambil lantaran banyak tenaga medis di RS ini positif Covid-19.

Saat ini, layanan pengobatan dialihkan ke puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Tobelo. Sementara, para pegawai dan petugas medis di RS ini menjalani tes usap pada Rabu (2/9/2020).,

"Untuk menghentikan episentrum COVID-19 di RSUD Tobelo kami melakukan pemeriksaan Swab pada seluruh petugas RSUD secara masal," kata Juru Bicara Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Halmahera Utara, Deky Tawaris, Rabu (2/9/2020).

Menurutnya, keputusan yang dilakukan tentu bertujuan untuk mengentikan peredaran virus Covid-19. Saat ini, tidak sedikit tenaga medis yang sudah menjalani isolasi terpusat di Hotel Bryken Tobelo.

"Pemerintah tidak bisa lakukan semua ini tanpa didukung oleh masyarakat. Karena itu kami meminta masyarakat mengikuti gerakan 3M, Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan," katanya.

Sementara Sekretaris RSUD Tobelo, Said Kudo mengatakan selain melakukan tes usap kepada seluruh tenaga kesehatan RS, pihaknya juga bakal melakukan sterilisasi di seluruh ruangan. Masa pengalihan pelayanan RSUD dilakukam sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

"Untuk pasien umum dialihkan ke fasilitas kesehatan terdekat, seperti RS Bhetesda, Klinik Hohidiai, Klinik Utama Kao dan Malifut," katanya.


Editor : Umaya Khusniah