Temuan Puluhan Bom Rakitan Gegerkan Warga Ternate Tengah

Ismail Sangaji ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 21:33 WIB
Temuan Puluhan Bom Rakitan Gegerkan Warga Ternate Tengah
Puluhan bom rakitan diduga sisa konflik horizontal ditemukan di salah satu rumah warga di Ternate Tengah, Maluku Utara. (Foto: iNews/ISmail Sangaji)

TERNATE TENGAH, iNews.id - Puluhan benda diduga bom rakitan ditemukan warga RT 06 RW 02, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Kota Ternate Tengah Maluku Utara, Kamis (18/6/2020). Temuan benda diduga bom rakitan itu pada pukul 20.00 WIT membuat panik warga setempat, karena khawatir benda tersebut masih aktif.

Sebanyak 25 benda sejenis bom rakitan dengan bahan dasar pipa plastik ditemukan di rumah almarhum Abdul Halek Sanaky saat  warga melakukan penggalian pondasi rumah.

Bom rakitan itu diduga disimpan saat terjadi konflik horizontal di Malut puluhan tahun silam. “Ada mau bikin pondasi, waktu digali tiba-tiba ditemukan puluhan bom itu,” ujar salah satu warga di lokasi.

Komandan Satuan Brimob Polda Malkuku Utara Muhammad Erwin membenarkan temuan bom yang bikin geger warga tersebut.

“Itu masih dalam penyidikan, tadi ada penemuan dari masyarakat terus mereka melapor ke Polres dan meminta bantuan ke Brimob untuk mengamankan bom itu. Penyampaian awal itu bom pipa,” kata Muhammad Erwin.

Saat ini, puluhan bom rakitan itu sudah diamankan polisi. Petugas juga memasang garis polisi di lokasi kejadian untuk penyelidikan lebih lanjut dan mencegah warga mendekat ke lokasi.


Editor : Kastolani Marzuki