Sempat Bertikai, Warga 2 Desa di Maluku Tenggara Sepakat Berdamai

Antara ยท Minggu, 24 Januari 2021 - 13:09:00 WIT
Sempat Bertikai, Warga 2 Desa di Maluku Tenggara Sepakat Berdamai
Bupati Maluku Tenggara Thaher Hanubun menghadiri perdamaian desa Ohoira dan Ohoiren. (Foto: Antara)

LANGGUR, iNews.id - Warga Desa Ohoira dan Ohoiren di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku yang terlibat pertikaian sepakat berdamai. Upacara perdamaian turut dihadiri Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun.

"Kita ini satu kesatuan yang tidak dapat dilepaspisahkan sejak leluhur. Baiknya kita hidup dengan terus menanamkan kasih yang diajarkan semua agama," ujar Thaher saat acara perdamaian tersebut, Sabtu (23/1/2021).

Menurutnya, sejak leluhur, suku Kei telah diajarkan mereka satu dan punya hubungan kekerabatan yang sangat erat. Selain itu, agama juga mengajarkan untuk hidup dengan mengamalkan kasih terhadap sesama jadi tidak perlu sampai ada perkelahian ataupun konflik.

"Saya sangat menyayangkan perkelahian antara dua ohoi (desa) yang kita tahu bersama sangat berdekatan dan punya hubungan erat dalam adat istiadat," katanya.

Thaher menambahkan, perdamaian dengan pemasangan lela (meriam kecil) ini kiranya menjadi tanda untuk mengakhiri perkelahian antara dua ohoi dan hidup berdampingan dalam damai ke depannya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2