Sejumlah Orang Diamankan Densus 88 di Ambon, Mereka Dibawa ke Jakarta

Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 08:37 WIB
Sejumlah Orang Diamankan Densus 88 di Ambon, Mereka Dibawa ke Jakarta
Ilustrasi personel Densus 88. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - Sejumlah orang di Ambon, Maluku diamankan petugas Densus 88 Anti Teror Mabes Polri beberapa waktu lalu. Berita ini dibenarkan Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M Roem Ohoirat.

"Tetapi siapa dan berapa orang, itu yang kami tidak tahu informasinya," katanya Kamis (25/6/2020).

Menurut dia, kalau pun ada informasi mengenai nama atau identitas para pelaku, diduga kuat ada yang mengecek langsung di rumah atau lingkungan sekitar domisili pelaku. Namun dia menekankan, tidak ada informasi terkait orang yang ditahan tersebut.

"Tetapi yang jelas kalau dari polisi, tidak ada sama sekali informasi mengenai identitas pelaku yang ditahan, lokasi tepatnya, atau jumlah yang dibawa," katanya.

Dia mengatakan bila Densus 88 Anti Teror bergerak dan datang menghubungi kapolda misalnya untuk ada permintaan anggota, maka pimpinan akan menginsntruksikan Dansat Brimob.

"Untuk hal lainnya kami tidak tahu," katanya.

Sebelumnya Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar juga membenarkan adanya pemberangkatan sejumlah pelaku terduga teroris yang dikawal aparat Densus 88 Anti Teror Mabes Polri. Mereka berangkat ke Jakarta melalui Bandara Internasional Pattimura Ambon pada Rabu (24/6/2020).

Namun kapolda kembali menegaskan jika bukan kapasitas dirinya untuk menyampaikan informasi. Dia hanya membenarkan adanya kegiatan tersebut.

Dari data yang dihimpun, rombongan Densus 88 Anti Teror Mabes Polri berangkat menggunakan pesawat carter Lion Air JT-388/JT358 route Ambon-Lombok-CKG/Jakarta pada Rabu (24/6/2020) pukul 12.40 WIT.

Keberangkatan Densus 88 membawa 11 orang yang diduga anggota Jamaah Ansor Daullah. Personel juga membawa sejumlah barang bukti di antaranya tiga pucuk senjata rakitan laras panjang serta dua busur panah.

Ke 11 orang ini juga diduga berafiliasi dengan organisasi ISIS yang ditangkap Densus 88 di beberapa lokasi dan waktu berbeda di kabupaten dan kota di Maluku. Sebelum diberangkatkan, para pelaku dititipkan di ruang sel tahanan Mako Brimob Polda Maluku.


Editor : Umaya Khusniah