Satpol PP Seram Bagian Barat Perketat Pengawasan Penggunaan Masker di Tempat Umum

Insany Syahbarwaty ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 16:24 WIT
Satpol PP Seram Bagian Barat Perketat Pengawasan Penggunaan Masker di Tempat Umum
Pemeriksaan penggunaan masker oleh personel Satpol PP Seram Bagian Barat untuk cegah Covid-19. (Foto: iNews/Insany Syahbarwaty)

AMBON, iNews.id - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, memperketat penggunaan masker bagi warga. Mereka diwajibkan menggunakan masker saat beraktivitas di tempat umum.

Sejumlah personel Satpol PP disebar ke beberapa titik lokasi yang menjadi tempat keramaian. Di antaranya seperti pasar dan sepanjang jalan utama di Kota Piru. Langkah ini untuk mengoptimalkan pengawasan kepatuhan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pantauan iNews.id di depan Pasar Piru, Jumat (10/7/2020) setiap pengguna mobil, motor dan para pejalan kaki yang datang wajib memakai masker. Bagi mereka yang kedapatan melanggar, akan dicegat dan diminta untuk memakai masker yang sudah disiapkan.

Sementara itu, juru bicara tim Covid- 19 Kabupaten SBB, Hendri Mandaku di Kantor Bupati SBB mengatakan, pengawalan melekat oleh Satpol PP ini dilakukan agar warga patuh menjalankan protokol kesehatan.

"Perintah Pak Bupati, M.Yasin Payapo itu jelas harus mematuhi protokol kesehatan apalagi kita bersiap menuju penerapan new normal," kata Mandaku.

Dia menyatakan, berdasarkan hasil pengawasan sejak sepekan terakhir, memang ditemukan masih ada warga yang tidak memakai masker dan tidak patuh pada aturan. Akan tetapi jumlahnya tidak banyak.

"Mereka cepat menyadari sehingga zona kita tetap hijau dan pencegahan penyebaran dapat dilakukan dengan maksimal," ujar Mandaku.

Anggota DPRD SBB, Rusli Sosal yang dihubungi terpisah mengakui kinerja pemerintah kabupaten (pemkab) memang mampu menekan tingkat penyebaran Covid-19. Petugas melakukan pengawasan ketat di tiga pintu masuk ke kabupaten ini.

"Ada tiga kabupaten/kota yang mengapit kabupaten SBB yakni Maluku Tengah, Kota Ambon dan Kabupaten Seram Timur.Karena itu perlu pengawasan yang ketat dalam aktivitas masyarakat," ujar Sosal.

Upaya ini pun berbuah baik dalam proses pencegahan penyebaran Covid-19. Bahkan Kabupaten SBB berhasil meraih hadiah Rp13 miliar untuk lomba inovasi pencegahan Covid-19 yang digelar Kementerian Dalam Negeri bulan Juni lalu.

"Kita sudah siap menjalankan new normal karena berhasil mempertahankan zona hijau bebas Covid-19 di SBB," kata anggota komisi 2 Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat DPRD SBB ini.


Editor : Umaya Khusniah