Pushidrosal Temukan Gunung Bawah Laut Dalam Ekspedisi Menuju Perairan Banda Maluku

Antara ยท Selasa, 21 Juni 2022 - 18:46:00 WIT
Pushidrosal Temukan Gunung Bawah Laut Dalam Ekspedisi Menuju Perairan Banda Maluku
Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menemukan gunung bawah laut. Temuan tersebut dalam perjalanan ekspedisi menuju perairan Banda, Maluku.

Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat mengatakan, KRI Rigel-933 berlayar dari dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok Jakarta Utara pada Kamis (16/6/2022).

Pelayaran tersebut untuk melakukan Ekspedisi Jala Citra 2 - 2022 Banda. Namun, KRI Rigel mendeteksi keberadaan gunung bawah laut sebelum tiba di Banda.

"Hari ini, KRI Rigel yang baru saja melintas dan belum sampai Banda, itu sudah menemukan gunung baru," ujar Nurhidayat dalam acara peluncuran buku hasil ekspedisi Jala Citra 1 bertajuk, Menguak Kekayaan Bawah Laut Indonesia di Ruang Serbaguna Mas Pardi Mako Pushidrosal, Jakarta Utara, Selasa (21/6/2022).

Dia mengungkapkan, tinggi gunung bawah laut diperkirakan mencapai 2,4 km dengan kedalaman lereng atau kaki gunung mencapai 3,5 km dari permukaan laut serta puncaknya berada di kedalaman 1 km dari permukaan laut.

"Jadi, bisa dibayangkan, 2.400 meter-an tinggi gunung itu. Apakah itu gunung berapi? Apakah nanti akan terjadi letusan? Kalau, misalkan, terjadi letusan, arahnya ke mana?" ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: