Puasa Arafah Tanggal Berapa? Simak Jadwal, Bacaan Niat, Keutamaan

Kastolani ยท Kamis, 07 Juli 2022 - 00:51:00 WIT
Puasa Arafah Tanggal Berapa? Simak Jadwal, Bacaan Niat, Keutamaan
Puasa Arafah yang dilaksanakan sebelum Idul Adha 2022 jatuh pada hari Sabtu, 9 Juli 2022. (Foto: Freepik)

Syaikhul Islam, Zakariya Al Anshari mengatakan,"Disunnahkan berpuasa di hari Arafah yaitu tanggal 9 Dzulhijjah".

Al Khathib As Syarbini mengatakan, "Dan (sunnah) puasa hari Arafah yaitu tanggal 9 Dzulhijjah bagi selain jemaah haji".

Hal sama dikatakan Syamsuddin Ar Ramli.

Jika terjadi perbedaan tanggal dan waktu Arafah antara Arab Saudi dan Indonesia, maka yang dipilih adalah mengikuti penanggalan Indonesia sebagaimana nanti juga Idul Adha. 

Dikutip dari laman mui.or.id, perbedaan Hari Raya Idul Adha yang akan terjadi tahun ini adalah sesuatu yang biasa terjadi pada beberapa tahun sebelumnya. Hal itu karena perbedaan metode dalam menetapkan 1 Dzulhijah yakni Rukyah dan Hisab. 

Selain perbedaan metode tersebut, perbedaan kerap terjadi antara satu negara dan negara lain terutama jika standar 9 Zulhijah adalah terjadinya hari wukuf di Padang Arafah.

Sebaiknya bangsa Indonesia mengikuti pemerintah karena keputusan pemerintah menghilangkan perbedaan pendapat. Hal tersebut diakui oleh seluruh fuqaha dari empat mazhab.

Adanya perbedaan Makkah dan Indonesia sangat riskan (besar risikonya) karena wukuf di Mekah hari Jumat sedangkan Idul Adha Sabtu. Di Indonesia puasa Arafah hari Sabtu, 9 Juli 2022 dan Lebaran hari Ahad, 10 Juli 2022. 

Mengenai pendapat ulama tentang perbedaan terbitnya bulan harus ikut ke mana umat ini terutama yang berjauhan negeri. Jumhur ulama Malikiyah, Hanafiah dan Hanabilah berpendapat cukup satu tempat melihat bulan, di negara lain ikut lebaran walaupun tempatnya jauh.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: