PSBB Ambon Tahap II, Wali Kota Richard: Akan Lebih Tegas

Antara ยท Senin, 06 Juli 2020 - 08:34 WIB
PSBB Ambon Tahap II, Wali Kota Richard: Akan Lebih Tegas
Ilustrasi PSBB. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap dua di Kota Ambon, Maluku, akan lebih tegas. Peraturan akan lebih diperketat agar masyarakat lebih memahami kebijakan pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19.

"Pelaksanaan PSBB tahap kedua akan ada sejumlah kebijakan yang perlu diketahui dan merupakan penegasan dari Perwali Nomor 18 tahun 2020," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Minggu (5/7/2020).

Dia mengatakan, sejumlah kantor dan fasilitas umum akan ditutup. Salah satunya perusahaan leasing karena tidak ada kaitan dengan perbankan.

Selain itu pusat perbelanjaan seperti Maluku City Mall, Ambon City Center maupun Ambon Plaza juga akan ditutup. Semua akan ditutup tanpa pengecualian selama satu minggu.

Aktivitas pertokoan di kawasan Pasar Mardika dan Batu Merah juga ditutup. Sementara yang bisa dibuka hanya yang menjual kebutuhan pokok, alat bangunan, apotek.

Beberapa tempat yang juga ditutup yakni salon, klinik kecantikan, barber shop, panti pijat, pusat kebugaran atau olah raga seperti gym, fitness dan tempat futsal.

Pembatasan juga akan berlaku untuk moda transportasi kendaraan pribadi roda empat. Sistem yang akan diterapkan yakni akan ganjil genap.

"Kendaraan pribadi roda empat akan diberlakukam sistem ganjil genap. Mulai Senin (6/7/2020) akan dilakukan sosialisasi, selanjutnya akan ditindak sesuai sanksi yang berlaku," ujarnya.

Sedangkan untuk angkutan umum masih diberlakukan sistem shift A, B dan C, tetapi waktunya disesuikan operasional pasar.

Titik masuk angkutan umum ke terminal yakni Hotel Amans, Jembatan Mardika, SPBU.  Sementara kawasan Ongkoliong akan ditutup untuk kendaraan roda empat maupun roda dua.

"Operasional pasar berakhir pukul 18.00 WITA, maka angkot juga tidak diperkenankan masuk ke dalam kawasan terminal dan pasar," katanya.
 


Editor : Umaya Khusniah