Polisi Tangkap 8 Pelaku Pengadangan dan Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19 di Ambon

Fandi wattimena ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 11:52 WIB
Polisi Tangkap 8 Pelaku Pengadangan dan Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19 di Ambon
Suasana saat warga mengadang ambulansi dan mengambil paksa jenazah pasien Covid-19 saat akan dimakamkan di Ambon. (Foto: iNews/Fandi Wattimena)

AMBON, iNews.id - Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease mengamankan delapan orang yang diduga pelaku pengadangan dan pengambilan paksa jenazah pasien Covid-19. Aksi ini terjadi di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (26/6/2020) sore.

Kedelapan orang tersebut yakni terdiri atas enam laki-laki dan dua perempuan. Mereka merupakan kerabat dari HS, pasien Covid-19 yang meninggal dalam perawatan di RSUD Haulussy.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang mengatakan, penangkapan ini merupakan bagian penegakan hukum. Mereka yang diamankan ditengarai terlibat langsung dalam pengadangan ambulans yang mengantar jenazah pasien Covid-19 ke pemakaman.

"Saat ini kedelapan pelaku masih diperiksa. Pagi ini juga kami akan gelar perkara untuk penentuan status mereka selanjutnya," ujar Leo, Sabtu (27/6/2020).

Menurutnya, polisi akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Ambon untuk proses pemakaman jenazah pasien Covid-19, khususnya menyangkut pengantaran dan pengawalan jenazah ke lokasi pemakaman.

"Kami akan evaluasi protokol pengamanan dan pengawalan jenazah sampai ke lokasi pemakaman agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali," katanya.


Editor : Donald Karouw