Personel TNI-Polri Diterjunkan untuk Edukasi Masyarakat Ternate terkait Covid-19

Antara ยท Sabtu, 04 Juli 2020 - 10:09 WIT
Personel TNI-Polri Diterjunkan untuk Edukasi Masyarakat Ternate terkait Covid-19
Ilustrasi TNI-Polri. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id - Sebanyak 1.000 personel TNI jajaran dibantu satu SST Polri akan diterjunkan di wilayah Ternate, Maluku Utara (Malut) untuk mengedukasi masyarakat terkait Covid-19. Edukasi dan sosialisasi dilakukan dengan cara berpatroli kendaraan yang dilengkapi pengeras suara.

Danrem 152/Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut), Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan mengatakan para personel TNI dan Polri akan ditempatkan di tempat-tempat keramaian dan fasilitas umum. Di antaranya seperti Pasar Dufa - Dufa, Pasar Higienis, Terminal Gamalama, Pasar Kota Baru,  dan Pelabuhan Bastiong.

"Seluruh personel diterjunkan ini sebagai bentuk keprihatinan dengan jumlah kasus positif Covid-19 yang kian bertambah," kata Danrem, Jumat (3/7/2020).

Briefing gabungan yang dipimpin langsung Danrem Imam ini diselenggarakan di lapangan Makorem 152/Babullah Ternate. Dalam briefing diberikan pula pembagian sektor. 

"Setiap masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker langsung diberikan imbauan serta edukasi tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19," katanya.

Danrem menyampaikan, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Malut  berada di posisi ke-9 tertinggi se-Indonesia. Artinya penanganan Covid-19 memerlukan upaya ekstra. 

"Untuk itu, kita mengerahkan prajurit agar memberikan edukasi dan imbauan secara persuasif  kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan," katanya.

Selain itu, Danrem yang didampingi Dandim 1501/Ternate Letkol Inf R. Moch Iskandarmanto, Kapolres Ternate AKBP Adiya Laksimada, para Kasi Korem 152/Babullah melakukan peninjauan proses pendisiplinan di beberapa lokasi. Rombongan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah, terlebih di lokasi keramaian. Masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker langsung dibagikan untuk segera digunakan.


Editor : Umaya Khusniah