Penyerahan Mobil Pedesaan di Kepulauan Sula Ricuh, Warga Sempat Tolak Bantuan

Ismail Sangaji ยท Kamis, 29 Oktober 2020 - 17:47:00 WIT
Penyerahan Mobil Pedesaan di Kepulauan Sula Ricuh, Warga Sempat Tolak Bantuan
Kericuhan saat penyerahan mobil pedesaan di Kepulauan Sula. (Foto: iNews/Ismail Sangaji)

TERNATE, iNews.id – Penyerahan bantuan dari mobil pedesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Desa Kabau, Kecamatan Slabesi, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara (Malut), Kamis (29/10/2020) ricuh. Warga menolak bantuan mobil tersebut bila pengelolaannya tidak diserahkan pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Kericuhan bermula saat pemerintah daerah akan menyerahkan bantuan kendaraan pedesaan dari Kemendes PDTT berupa satu unit mobil pikap. Sebagian warga protes lantaran bantuan tersebut akan diserahkan kepada pengurus dan tidak masuk dalam aset desa atau Bumdes.

Beruntung kericuhan warga dengan aparat desa ini tak meluas. Perseteruan berhasil dilerai. Namun imbasnya, sejumlah aparat desa diusir warga keluar dari kantor.

“Ada info yang beredar di masyarakat, mobil tersebut merupakan bantuan dari bupati dan bukan dari Kemendes PDTT,” kata warga Desa Kabau, Sahrus Abas, Kamis (29/10/2020).

Guna memastikan kebenaran asal mobil bantuan tersebut, pihaknya bersama warga mencoba mengonfirmasi hal tersebut. Namun hingga saat ini belum menemukan jawaban.


Editor : Umaya Khusniah