Pengelola Mal di Ambon Diminta Memperbaiki Bangunan Terdampak Gempa

Antara ยท Jumat, 22 Oktober 2021 - 12:00:00 WIT
Pengelola Mal di Ambon Diminta Memperbaiki Bangunan Terdampak Gempa
Warga memasuki mal di Ambon. (Foto: Antara).

AMBON, iNews.id - Pengelola mal di Ambon diminta memperbaiki bangunan terdampak gempa September 2019. Rekonstruksinya harus memperhitungkan ketahanan terhadap guncangan gempa.

Sekretaris BPBD Ambon, Eva Tuhumury mengatakan, imbauan ini sudah disampaikan ke pengelola Maluku City Mall, Ambon City Center dan Ambon Plaza.

"Untuk perbaikan, kami minta memperhatikan bangunan tahan gempa," kata Eva di Kota Ambon, Maluku, Kamis (21/10/2021).

Data BPBD kerusakan fasilitas umum khususnya pertokoan dan pusat perbelanjaan sebanyak empat unit yakni tiga di kecamatan Sirimau dan satu di kecamatan Teluk Ambon Baguala.

Di kecamatan Sirimau dua di antaranya rusak ringan dan satu rusak sedang, sedangkan kecamatan Teluk Ambon Baguala satu unit rusak sedang.

"Kerusakan bangunan harus menjadi perhatian pengelola untuk memeriksa kerusakan yang terjadi pada struktur bangunan dan melakukan perbaikan, dengan memperhatikan bangunan tahan gempa," katanya.

Dia menjelaskan, fasilitas umum lainnya yang terdampak gempa, menjadi tanggung jawab kementerian lembaga masing-masing, misalnya sekolah atau kampus atau lainnya.

Sedangkan untuk verifikasi gedung pemerintahan atau negara, gedung fasilitas sosial dan umum (Fasos dan Fasum), akan dilakukan tim Pusat Permukiman Kementerian PUPR.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: