Panen Raya dan Stok Melimpah, Harga Cengkih di Ambon Turun Jadi Rp50.000 per Kg

Antara · Jumat, 11 September 2020 - 14:57:00 WIT
Panen Raya dan Stok Melimpah, Harga Cengkih di Ambon Turun Jadi Rp50.000 per Kg
Ilustrasi cengkih. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - Harga cengkih di Kota Ambon Rp7.000 hingga menjadi Rp50.000 per kilogram (kg). Padahal pada pertengahan Agustus lalu, harga cengkih mencapai Rp57.000 per kg.

Seperti terpantau di Jalan Setia Budi, kawasan Rijoly, Kelurahan Batu Gajah, Jumat (11/9/2020). Turunnya harga cengkih diduga akibat persediaan yang melimpah di masa panen.

"Turunnya harga cengkih ini karena di sejumlah sentra produksi lagi panen sehingga stok banyak," ujar salah seorang pedagang pengumpul, Lucky.

Sedangkan harga komoditas lain seperti biji pala bundar masih tetap stabil yakni Rp65.000 per kg, fuli (pembungkus biji pala) Rp225.000 per kg dan cokelat Rp28.000 per kg.

"Kalau kopra harganya saat ini Rp6.800 per kg dari sebelumnya Rp6.700," kata pengumpul di lokasi transaksi Evi.

Hanya saja, walaupun harga kopra bergerak naik, dengan adanya Covid-19 banyak petani yang belum datang untuk menjual hasil olahan maupun hasil perkebunan lain.

Dia juga mengatakan, perubahan harga yang terjadi di Kota Ambon selalu mengikuti perkembangan harga di Kota Surabaya. Jika terjadi perubahan harga di Surabaya, entah naik atau turun, maka pasti berpengarug juga di Ambon.

“Hal ini disebabkan karena hasil pembelian berbagai jenis hasil perkebunan Maluku dijual lagi ke Surabaya sebagai pasar utama,” katanya.

Evi menjelaskan, petani dari Pulau Ambalau, Buru dan sebagian dari Pulau Seram jarang datang untuk melakukan transaksi. Hal ini terkait dengan berbagai pertimbangan terutama arus transportasi yang berhubungan dengan aturan dalam rangka memutuskan penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Toko di kawasan ini baru mulai buka pada bulan September. Kondisi ini berbeda dengan Agustus 2020 yang hanya dua atau tiga hari buka dalam sepekan.

Editor : Umaya Khusniah