Miris, Upah Nakes di Rumah Sakit Umum Ini Lebih Rendah dari Gaji Satpam

Antara · Senin, 27 September 2021 - 09:30:00 WIT
Miris, Upah Nakes di Rumah Sakit Umum Ini Lebih Rendah dari Gaji Satpam
RSUD Haulussy Ambon. (Foto: Istimewa).

AMBON, iNews.id - Upah tenaga kesehatan honorer di RSUD dr M Haulussy Ambon diketahui masih di bawah standar. Uang bulanan yang mereka terima lebih rendah dari gaji satpam.

"Upah yang mereka terima hanya Rp1 juta lebih dan malahan lebih rendah di bawah upah tenaga keamanan rumah sakit," Ketua Panja RSUD Haulussy, Benhur Watubun di Kota Ambon, Minggu (26/9/2021).

Kondisi ini diketahui panja setelah melakukan sidak ke rumah sakit umum daerah milik Pemprov Maluku tersebut. Padahal masa kerja mereka rata-rata berkisar 5-9 tahun.

Inspeksi mendadak ke RSUD Haulussy merupakan salah satu agenda kerja panja yang bertujuan melakukan pembenahan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

"Kita targetkan akhir September atau awal Oktober sudah ada rekomendasi, dan dari sidak kemarin panja ingin melihat kondisi sebenarnya yang terjadi di lapangan," ujar dia.

Dari sidak yang dilakukan, memang ada hal yang baik tetapi sebaliknya ada juga yang tidak baik seperti masalah kedisiplinan tenaga medis dan tenaga kerja.

Selain itu kerja-kerja pelaporan, terbatasnya sarana-prasarana kesehatan, dan kondisi lingkungan yang bila dicermati betul-betul memprihatinkan.

"Kita belum berikan kesimpulan dan masih dikaji. Kami tidak memprovokasi tetapi itu kondisi di lapangan, meski pun mereka boleh berkelit tetapi kami turun mereka tidak tahu," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: