Mengenal Keindahan Kepulauan Widi yang Viral Dilelang di Situs Asing

Kastolani, Kiki Oktaliani ยท Selasa, 06 Desember 2022 - 17:50:00 WIT
Mengenal Keindahan Kepulauan Widi yang Viral Dilelang di Situs Asing
Kepulauan Widi di Halmahera Selatan, Maluku Utara menyimpan keindahan alam yang memesona. (Foto: Repro/halmaheraselatankab.go)

JAKARTA, iNews.id - Kepulauan Widi di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara mendadak viral setelah muncul akan dilelang di situs asing.

Pemerintah pun bereaksi dengan viralnya informasi lelang pulau di Maluku Utara itu. Berikut profil Kepulauan Widi di Halmahera Selatan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Kepulauan Widi adalah milik negara Indonesia dan tak dijual, di mana pariwisata harus menjunjung tinggi kedaulatan bangsa.

"Mengenai (Kepulauan) Widi secara tegas pulau-pulau yang ada di gugus Kepulauan Widi adalah milik Indonesia, tidak dijual. Jadi pulau-pulau tersebut, oleh pihak pemerintah daerah dikerjasamakan dengan pihak ketiga yaitu, pihak swasta. Yang berbasis di Bali untuk pengembangan investasi dan juga pengembangan akomodasinya," ujar Sandiaga Uno dalam Weekly Brief, di Gedung Sapta Pesona, Senin (5/12/2022). 

Menurut Sandiaga, bukan menjual pulau tapi yang ditawarkan adalah bentuk kerjasamanya. "Sekarang ini yang ditawarkan kepada investor luar negeri itu adalah bentuk kerjasamanya. Jadi tidak dijual. Tidak ada sekeping Tanah Air kita yang dijual karena itu memang adalah milik bangsa kita," kata Sandiaga. 

Lantas, apa keistimewaan yang dimiliki Kepulauan Widi? Berikut ulasannya

Mengenal Kepulauan Widi

Dilansir dari laman halmahera selatankab.go.id, Kepulauan Widi menyimpan sejuta pesona yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan bila Anda mengunjungi tempat ini. 

Kepulauan Widi berada di Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku utara.

Pulau-pulau di kepulauan Widi memiliki keunikan, hamparan pasir putih yang luas, laut  jernih bagaikan kristal, terumbu karang dan  kaya dengan berbagai jenis ikan, akan membuat wisatawan takjub. 

Keindahan Pulau Widi di Halmahera Selatan. (Foto: Repro.halmaheraselatankab.go)
Keindahan Pulau Widi di Halmahera Selatan. (Foto: Repro.halmaheraselatankab.go)

Kepulauan Widi bisa dikatakan sebagai kepulauan terindah di Provinsi Maluku Utara sehingga tidak heran tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan. 

Di Kepulauan Widi terdapat 99 pulau, 3 atol dan mempunyai dua gugusan pulau yang dikenal oleh masyarakat nelayan, yakni Pulau Daga Gane ( berhadapan dengan Kecamatan Gane) dan Daga Weda ( berhadapan dengan Kecamatan Weda). 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: