Mantan Wakil Bupati Halmahera Selatan Minta Masyarakat Terima Keputusan KPUD

Ismail Sangaji ยท Senin, 14 September 2020 - 20:00 WIT
Mantan Wakil Bupati Halmahera Selatan Minta Masyarakat Terima Keputusan KPUD
Aksi demonstrasi pendukung bupati Bahrain Kabsuba di depan kantor KPUD Halsel. (Foto: iNews/Ismail Sangaji)

HALMAHERA SELATAN, iNews.id - Ratusan masa pendukung bakal calon (balon) Bupati incumbent, Bahrain Kabusa melakukan aksi unjuk rasa di kantor KPUD Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut), Senin (14/9/2020). Pada saat yang sama, KPUD tengah mengadakan Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Verifikasa Syarat Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan.

Masa memaksa masuk saat jalannya rapat pleno. Aksi unjuk rasa ini sebagai respon atas gugurnya Bahrain Kabsuba yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dukungan partai politik. Para pendukung bahkan menuding KPUD Halmahera Selatan berlaku curang.

Merespon aksi tersebut, Mantan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan periode 2005-2010, Rusli Abdul Wali meminta agar masyarakat menahan diri. Selain itu juga menerima hasil yang diputusakan oleh KPUD karena sudah sesusai dengan prosedur.

"Saya meminta kepada masyarakat yang ada di Labuha (Bacan) untuk menghentikan aksi demo-demo itu. Apapun keputusannya, KPU sudah melaksanakan tugasnya dan sudah sesuai dengan aturan serta mekanisme yang telah diatur,” kata Rusli Senin (14/09/2020).

Rusli menambahkan, gagalnya incumbent sudah sesuai dan tidak perlu lagi menjadi persoalan. Untuk itu, dia mengajak masayarakat mendukung KPUD agar pelaksanaan Pilkada Halmahera Selatan berjalan secara jurdil, rahasia dan damai.

"Bakal calon yang tidak memenuhi syarat tentunya dinyatakan gugur. Dalam hal ini Bupati incumbent Bahrain Kasuba gugur karena kursinya tidak cukup,” katanya.

Sebelumnya, KPUD Halmahera Selatan menyatakan, bapaslon Usman Sidik-Basam Kasuba dan pasangan Helmi Umar Muchsin-La Ode Arfan lolos dalam verifikasi berkas bapaslon. Mereka akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni penetapan calon dan pengambilan nomor urut tanggal pada 23-24 September 2020.


Editor : Umaya Khusniah