Maluku dan Malut Berpotensi Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang

Binti Mufarida · Jumat, 11 Juni 2021 - 17:02:00 WIT
Maluku dan Malut Berpotensi Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang
BMKG mengeluarkan potensi cuaca ekstrem hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di 25 provinsi. Foto: Antara

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menganalisis adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudra Pasifik utara Papua dan di Samudra Hindia barat Sumatera. Kondisi ini membuat perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah siklonik.

BMKG menyebutkan 25 provinsi berpotensi mengalami cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Provinsi Maluku dan Maluku Utara (Malut) termasuk di dalamnya.

Menurut BMKG konvergensi terpantau memanjang dari Sumatera bagian selatan hingga Sumatera bagian tengah. Kemudian dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di Kalimantan Barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari Papua Barat hingga Maluku Utara, di Maluku dan memanjang di Papua bagian tengah.

Konvergensi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Sehingga menyebabkan 25 wilayah mengalami cuaca ekstrim.

Editor : Erwin C Sihombing