KM Eno Karang Terbakar di Laut Aru, 98 Penumpang Diselamatkan Petugas SAR Gabungan

Antara ยท Sabtu, 01 Oktober 2022 - 21:42:00 WIT
KM Eno Karang Terbakar di Laut Aru, 98 Penumpang Diselamatkan Petugas SAR Gabungan
Puluhan penumpang KM Eno Karang yang mengalami kebakaran di ruang mesin di perairan Aru berhasil dievakuasi tim SAR gabungan. (ANTARA/HO/Basarnas Ambon)

AMBON, iNews.id - Kapal Motor Eno Karang terbakar saat berlayar di Laut Aru, tepatnya di sekitar Perairan Pulau Tabarfange. Api berasal dari ruang mesin diduga akibat korsleting listrik.

Kepala Kantor SAR Ambon Mustari mengatakan, begitu menerima informasi dari Koordinator Pos Unit Siaga SAR Kepulauan Aru langsung mengerahkan petugas ke titik koordinat KM Eno Karang tersebut.

"Kapal nahas tersebut dilaporkan berlayar dari Pelabuhan Dobo, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Aru menuju Desa Jelia pada Jumat kemari," ujar Mustari, Sabtu (1/10/2022) malam.

Setelah menempuh perjalanan dari Pelabuhan Dobo, tim SAR gabungan berhasil tiba di lokasi kecelakaan dan langsung melakukan evakuasi terhadap seluruh penumpang. Lokasi kejadiannya berada pada koordinat 6° 7' 44.3" S - 133° 58' 56.3" E, jarak kurang lebih 28,97 Nm dan Heading 214,38° arah Barat Daya dari Kota Dobo.

"Sebanyak 98 penumpang KM Eno Karang berhasil dievakuasi dengan selamat ke atas KMP Karaweira. Selanjutnya KMP Karweira melanjutkan perjalanan menuju Desa Jelia Kecamatan Aru Selatan," katanya.

Menurutnya, kondisi KM Eno Karang sudah tidak bisa melanjutkan perjalanan sehingga ditarik kembali menuju Kota Dobo menggunakan KN Tarangan milik Dinas Perhubungan Kepulauan Aru.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: