Kena Razia Masker, Pelanggar di Ternate Diminta Nyanyikan Lagu Nasional

Ismail Sangaji ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 17:49 WIT
Kena Razia Masker, Pelanggar di Ternate Diminta Nyanyikan Lagu Nasional
Beberapa warga terjaring razia masker tengah menyanyikan lagu kebangsaan. (Foto: iNews/Ismail Sangaji)

TERNATE, iNews.id - Ratusan pengendara roda dua dan roda empat di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) terjaring razia masker, Rabu (12/8/2020). Mereka dikenakan sangsi menyanyikan lagu-lagu nasional. Sayangnya, banyak pelanggar yang tidak hafal.

Razia masker ini diselenggrakan oleh personel TNI-Polri di Jalan Sultan Jabir Syah, Kota Ternate. Para pelanggar didominasi oleh pengendara roda dua.

Sebagai sanksi, petugas meminta mereka menyanyikan lagu-lagu nasional sambil mengibarkan bendera merah putih berukuran kecil. Apesnya, banyak para pelanggar yang didominasi kaum milenial ini tidak hafal lagu nasional.

Lagu yang diminta untuk dinyanyikan di antaranya lagu 17 Agustus, Indonesia Raya dan sila-sila dalam Pancasila. Selain itu ada pula hukuman fisik berupa push up.

Dandenpomal Lanal Ternate, Mayor Laut (PM) Sriyono mengatakan, hukuman menyanyikan lagu kebangsaan ini bertujuan untuk memberikan efek jerah kepada pelanggar. Selain itu juga membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat menjelang perayaan Hari Kemerdekaan RI ke 75 tahun.

“Razia dan pemberian sanksi ini dilakukan agar masyarakat mengenakan masker dengan suka rela dan tidak terpaksa. Sayang ada yang tidak hapal lagu-lagu kebangsaan dan Pancasila, itulah kondisi masyarakat kita,” katanya.

Dia mengatakan, operasi masker yang digelar aparat TNI-Polri ini akan terus dilakukan selama masyarakat belum tertib melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.


Editor : Umaya Khusniah