Kejati Maluku Tutup Penyidikan Kasus Pengadaan Mobil Damkar Rp5,5 Miliar

Antara ยท Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:40:00 WIT
Kejati Maluku Tutup Penyidikan Kasus Pengadaan Mobil Damkar Rp5,5 Miliar
Ilustrasi mobil damkar. (Foto: Dok iNews).

AMBON, iNews.id - Kejaksaan Tinggi Maluku menutup penyidikan dugaan kasus korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran (damkar) di Dinas Perhubungan dan Infokom Maluku Barat Daya. Sebab dari hasil pemeriksaan, tidak ada unsur kerugian negara.

"Setelah dilakukan serangkaian penyelidikan dan penyidikan, jaksa tidak menemukan adanya unsur kerugian keuangan negara dalam perkara ini," kata Aspidsus Kejati Maluku, M Rudy, di Kota Ambon, Maluku, Sabtu (24/7/2021).

Karena itulah Kejati Maluku menutup kasus pengadaan mobil damkar tahun anggaran 2016 senilai Rp5,5 miliar. Mobil damkar tersebut kini ditempatkan di kawasan Bandara Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya.

Selain memeriksa sejumlah saksi, tim penyidik Kejati Maluku turun ke lapangan untuk melihat kondisi riil mobil pemadam kebakaran tersebut. Dari hasil pengecekan, kendaraan tersebut ada dan sesuai spesifikasi dan kontrak yang dibuat.

"Jaksa penyidik juga telah meminta keterangan secara resmi Odi Orno selaku mantan Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Maluku Barat Daya," ujarnya.

Odi Orno saat itu memenuhi panggilan jaksa untuk dimintai keterangan pada tanggal 29 Januari 2021 dan yang bersangkutan langsung berhadapan dengan jaksa penyidik.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal