Hadiri Pembekalan Aparat Teritorial Satuan BKO Kodam XVI Pattimura, Ini Pesan Kapolda Maluku

Fandy Wattimena ยท Selasa, 14 Juli 2020 - 11:08 WIT
Hadiri Pembekalan Aparat Teritorial Satuan BKO Kodam XVI Pattimura, Ini Pesan Kapolda Maluku
Kapolda Maluku, Irjen Baharuddin Djafar saat menghadiri pembekalan aparat teritorial Satuan BKO Kodam XVI Pattimura. (Foto: iNews/Fandy Wattimena)

AMBON, iNews.id - Kapolda Maluku, Irjen Baharuddin Djafar menyampaikan pesan pentingnya sinergitas TNI-Polri saat menghadiri pembekalan aparat teritorial Satuan BKO Kodam XVI Pattimura. Kepada para prajurit di Mako Rindam XVI Pattimura, Negeri Suli, Maluku Tengah, kapolda menyatakan sinergitas TNI-Polri menjadi kekuatan besar dalam mengawal pembangunan kebangsaan, terkhusus dalam setiap tugas di tengah masyarakat.

"Sejarah yang membuat saya dekat dengan TNI, kemana pun saya bertugas selalu mengajak TNI bersebelahan, berdampingan, selalu seiring berjalan dalam pelaksanaan tugas," kata Irjen Pol Baharudin Djafar, Senin (13/7/2020) siang.

Dia juga mengatakan, langkah nyata yang harus segera dilakukan yakni menyinergikan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam mendeteksi semua potensi konflik dan permasalahan sosial di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. Selain itu juga serta mengikutsertakan pranata sosial atau adat sebagai langkah awal dalam upaya penyelesaiannya.

Selanjutnya, menyinergikan fungsi intelijen untuk melakukan deteksi dan pencegahan dini melalui pertemuan berkala dalam menyikapi potensi konflik dan permasalahan sosial yang ada. Tentunya sesuai peta potensi kerawanan di masing-masing wilayah.

Menurutnya, kegiatan bersama harus terus dilakukan antara TNI dan Polri. Di antaranya latihan bersama, kegiatan sosial dan olahraga, termasuk media commander wish TNI-Polri hingga ke satuan terbawah, guna meningkatkan sinergitas dan soliditas antarlembaga.

"Meleburkan diri di masyarakat, sehingga ketika selesai melaksanakan tugas, maka mereka akan rindu. Berikan contoh, satu ketauladanan lebih berarti daripada sejuta arahan," katanya

Menutup sambutannya, kapolda menyatakan TNI-Polri harus menjadi contoh dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, dengan pendekatan yang humanis.

"Selamat bertugas kepada rekan-rekan sekalian, para personel Satuan BKO Kodim Persiapan Indonesia Bagian Timur di wilayah Kodam XVI/Pattimura TA 2020. Semoga tugas dan pengabdian yang saudara-saudara darmabaktikan kepada bangsa, negara dan masyarakat, mendapat rida dan berkah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Irjen Baharuddin Djafar.


Editor : Umaya Khusniah