Jumlah Pasien Covid-19 di Malut Tambah 2 Jadi 99 Orang, dari Kota Ternate dan Halmahera Utara

Antara ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 10:28 WIT
Jumlah Pasien Covid-19 di Malut Tambah 2 Jadi 99 Orang, dari Kota Ternate dan Halmahera Utara
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Maluku Utara (Malut) bertambah dua menjadi 99 orang. Penambahan ini terdata setelah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut menerima hasil pemeriksaan sebanyak 13 spesimen dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Manado, dengan hasiln dua orang positif.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Malut, dr Alwia Assagaf, kedua pasien positif tersebut berasal dari Kota Ternate dan Halmahera Utara. Keduanya kini disebut sebagai kasus pasien 98 berinisial Nn MH (22 tahun) asal Gamhoku, Kabupaten Halmahera Utara. Dia sebelumnya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Pasien ke 99 berinisial Tn MS (30 tahun) asal Tanah Tinggi. Sebelumnya dia juga berstatus OTG atau pelaku perjalanan dengan KM Dorolonda.

"Kini di Kota Ternate terdapat pasien terkonfirmasi positif terbanyak yakni 57 orang,” katanya, Jumat (22/5/2020).

Setelah Kota Ternate, disusul Kota Tidore Kepulauan sebanyak 13 orang, Halmahera Utara sembilan orang, Pulau Morotai tujuh orang, Kepulauan Sula dan Halmahera Barat masing-masing empat orang, Halmahera Selatan dan Halmahera Tengah masing-masing dua orang serta Halmahera Timur satu orang. Sedangkan Kabupaten Pulau Taliabu terkonfirmasi nihil pasien positif Covid -19.

Selain itu, jumlah kasus sembuh Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium tercatat 12 orang. Jumlah ini bertambah empat orang.

Rapid test sudah dilakukan kepada 4.889 orang. Hasilnya, 233 reaktif yaitu 92 OTG, 44 Orang Dalam Pengawasan, tujuh Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 90 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit. Sisanya 4.656 orang dinyatakan nonreaktif.

Untuk OTG, saat ini mencapai 851 orang. Jumlah ini berkurang sebanyak 53 orang secara kumulatif dikarenakan adanya tracking terhadap pasien positif Covid -19. Untuk ODP sebanyak 81 orang atau berkurang 27 orang dari Halmahera Selatan, Kepulauan Sula dan Ternate. Mereka telah menyelesaikan masa pemantauan.

Sedangkan, PDP saat ini berjumlah 15 orang. Angka ini menurun satu orang dari Kabupaten Kepulauan Sula, karena selesainya masa pemantauan 14 hari. Namun ada penambahan dari Tidore Kepulauan.

"Saat ini, yang menjalani perawatan di RSU Chasan Boesoerie Ternate ada 14 orang,” katanya.

Sedangkan yang masih menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate sebanyak 60 orang. Rinciannya, 49 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, tiga OTG dan delapan orang pelaku perjalanan," ujar Alwia.


Editor : Umaya Khusniah