Jokowi Sumbang Sapi Hasil Perkawinan Silang Berbobot 900 Kg untuk Maluku

Antara ยท Selasa, 20 Juli 2021 - 12:51:00 WIT
Jokowi Sumbang Sapi Hasil Perkawinan Silang Berbobot 900 Kg untuk Maluku
Kepala Biro Kesra Pemprov Maluku Adji Muhammad, Plt Kadis Pertanian Maluku Djasmin Badjak menyerahkan sapi kurban bantuan Presiden Jokowi kepada Imam Besar Masjid Raya Alfatah KH RR Hasanussi, Senin (19/7/2021). Foto: Antara

AMBON, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan seekor sapi kurban seberat 900 Kg untuk warga Maluku. Sapi jenis brahman berusia 5 tahun yang diberikan merupakan hasil perkawinan suntik silang atau inseminasi buatan (IB) dari induk brahman dan sapi Bali.

Menurut pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Maluku, Djasmin Badjak, sapi tersebut dibeli Rp75 juta dari Pulau Buru. Jokowi disebut setiap tahun membeli sapi dari wilayah tersebut.

"Pembayaran hewan kurbannya langsung dari dari pihak Istana Negara melalui rekening peternak di Buru, tidak melalui dinas," kata Djasmin, Senin (19/7/2021).

Menurutnya, Pulau Buru sudah disiapkan menjadi sentra peternakan sapi unggulan. Maka sapi yang diternak bisa mencapai bobot 900 kg.

"Memang di Buru disiapkan sebagai sentra peternakan sapi jenis unggulan hasil inseminasi buatan, sehingga bobotnya bisa mencapai 900 kg, bahkan lebih," kata dia. 

Sapi dari Jokowi diserahkan oleh Kepala Biro Kesra Pemprov Maluku, Adji Muhammad kepada Masjid Raya Alfatah Ambon, yang diterima Imam Besar masjid KH RR Hasanussi. Diharapkan daging sapi kurban ini bisa disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

Menurut Adji, pada 2021, Pemprov Maluku juga menyerahkan 130 ekor hewan kurban yang terdiri dari 80 sapi dan 50 kambing untuk masyarakat. Gubernur Maluku Murad Ismail menyumbangkan sapi dengan bobot 80 kg.

"Bantuan hewan kurban Pemprov Maluku tahun ini, telah diserahkan kepada panitia hari Raya kurban di Kota Ambon, Maluku Tengah dan Buru Selatan," katanya.

Editor : Erwin C Sihombing