Jelang Lebaran, Pemkab Malra Gelar Pasar Murah di 5 Kecamatan

Antara ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 15:12 WIB
Jelang Lebaran, Pemkab Malra Gelar Pasar Murah di 5 Kecamatan
Ilustrasi pasar murah. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

LANGGUR, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Ketenagakerjaan menggelar pasar murah menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pasar murah ini bertempat di lima kecamatan. Di antaranya Kei Kecil, Kei Besar, Kei Kecil Timur, Kei Kecil Timur Selatan, dan Hoat Sorbay.

Bupati Malra, M Thaher Hanubun mengatakan, pasar murah merupakan kegiatan yang sangat membantu masyarakat. Selain menjelang Lebaran, kegiatan serupa juga dilaksanakan saat Natal dan Tahun Baru.

"Pasar murah saat Natal dan Tahun Baru sebelumnya juga dilaksanakan di beberapa kecamatan," katanya usai melepas tim operasi pasar murah di pelataran Kantor Bupati Malra, Selasa (19/5/2020).

Thaher  mengatakan, pasar murah sengaja diselenggarakan di lima kecamatan dengan tujuan warga dari berbagai tempat tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menuju lokasi.

"Bahkan (yang) kemarin luar biasa, saya sempat ikut hingga ke kampung kampung, dan melihat masyarakat sangat antusias," katanya.

Thaher menegaskan bahwa pelaksanaan pasar murah merupakan bagian dari pelayanan pemerintah bagi masyarakat. Meski dengan keterbatasan, namun negara berusaha hadir memenuhi kebutuhan warga.

"Sekecil apapun yang kita lakukan tergantung dari niat tulus dan ikhlas yang diberikan kepada masyarakat," katanya.

Thaher juga mengapresiasi langkah yang diambil dinas terkait hingga pasar murah dapat berjalan. Dia berharap semua OPD dapat melayani masyarakat sebaik mungkin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Malra, M.A. Jabkenjanan menyampaikan, pasar murah diharapkan mampu meringankan beban hidup masyarakat.

Pasar murah ini melibatkan dua distributor di Malra yakni Perum Bulog Sub Drive Regional II Tual dan Tonasa Permai.

Tujuan operasi pasar murah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Dananya berasal dari subsidi yang bersumber dari APBD Malra tahun 2020.

"Ini juga untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H yang semakin memberatkan masyarakat, terutama akibat inflasi dan dampak Covid-19," katanya.

Pasar Murah di Malra hari ini, Selasa 19 Mei 2020 dilaksanakan di Kecamatan Kei Kecil Timur berlokasi di Ohoi Mastur. Untuk Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan berlokasi di Ohoi Danar, dan di Kecamatan Hoatsorbay berlokasi di Ohoi Tetoat.

Besok, Rabu tanggal 20 Mei 2020, pasar murah dilaksanakan di Kecamatan Kei Besar berlokasi di Elat, dan untuk Kecamatan Kei Kecil dilaksanakan dua hari,  Rabu hingga Kamis berlokasi di halaman kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Ketenagakerjaan.

Jenis kebutuhan pokok yang tersedia antara lain beras dolog 5,5 ton, gula pasir 2,5 ton, terigu curah 750 kilogram (kg), susu kental manis 768 kaleng, minyak goreng kemasan 1 liter sebanyak 300 liter, sirup 360 botol, telur 168 rak, mentega 720 bungkus, bawang merah dan bawang putih masing-masing 100 kg.


Editor : Umaya Khusniah