Hakim Vonis 2 Terdakwa Korupsi Dana Desa di Maluku Tengah 2,5 Tahun Penjara

Antara · Jumat, 08 Oktober 2021 - 13:15:00 WIT
Hakim Vonis 2 Terdakwa Korupsi Dana Desa di Maluku Tengah 2,5 Tahun Penjara
Pengadilan Tipikor Ambon. (Foto: Antara).

AMBON, iNews.id - Majelis hakim menjatuhi vonis kepada 2 terdakwa korupsi dana desa di Maluku Tengah 2,5 tahun penjara. Mereka juga dikenakan denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan.

Dua terdakwa tersebut yakni Salim Wally dan Mardin. Mereka diduga korupsi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Galegale, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, tahun anggaran 2015-2016.

Dalam amar putusannya, majelis hakim juga menghukum kedua terdakwa membayar denda Rp50 juta subsider tiga bulan kurungan serta uang pengganti Rp50 juta subsider satu bulan kurungan.

Ada pun hal yang memberatkan terdakwa dihukum penjara karena tak sanggup mengembalikan kerugian keuangan negara, selama menjabat sebagai aparatur di desa administratif Gale-Gale tahun 2015 dan 2016.

Mereka juga tidak melibatkan saniri negeri (badan permusyawaratan desa) dalam penyusunan anggaran pendapatan belanja desa/negeri.

Para terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam membangun desa dengan penggunaan DD-ADD sesuai UU Nomor 06 Tahun 2014 serta Peraturan Pemerintah tentang Desa.

Sedangkan yang meringankan adalah terdakwa bersikap sopan dan mengakui serta menyesali perbuatannya. Para terdakwa juga memiliki tanggungan keluarga serta belum pernah dihukum.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: