Ditutup karena 32 Tenaga Medis Terinfeksi Covid-19, RSUD Haulussy Ambon Kembali Dibuka

Antara ยท Rabu, 27 Mei 2020 - 08:24 WIT
Ditutup karena 32 Tenaga Medis Terinfeksi Covid-19, RSUD Haulussy Ambon Kembali Dibuka
Ilustrasi ruang isolasi (Foto: Antara)

AMBON, iNews.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr M Haulussy, Kudamati Kota Ambon, Maluku akan kembali dibuka. Sebelumnya, rumah sakit rujukan pasien Covid-19 ini ditutup sejak 11 Mei 2020 karena alasan tenaga medis.

"Setelah tutup 14 hari untuk pembenahan, maka RSUD Haulussy akan beroperasi kembali untuk pelayanan umum, mulai Rabu (27/5/2020)," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Maluku, Kasrul Selang, di Ambon, Selasa (26/5/2020) malam.

Sebelumnya kegiatan operasional RSUD Haulussy ditutup sementara, kecuali ruangan cuci darah dan NICU (ruangan penanganan balita). Terdapat 32 orang tenaga kesehatan di rumah sakit di Maluku itu terinfeksi Covid-19.

Menurut Kasrul penutupan sementara itu untuk dilakukan sterilisasi terhadap semua ruangan di rumah sakit. Dia yang juga Sekda Maluku memastikan dan menjamin keamanan bagi warga yang akan datang untuk mendapat pelayanan kesehatan.

"Jadi besok pelayanan umum RSUD Haulussy sudah mulai berjalan normal kembali. Beberapa tenaga medis yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 juga sudah dinyatakan sembuh," katanya.

Menyangkut sejumlah perawat dan tenaga medis yang terinfeksi Covid-19, Dia menegaskan, telah diisolasi di rumah sakit tersebut dengan pengawasan ekstra ketat. Saat ini terdapat 33 pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD Haulussy, terdiri atas 27 pasien terkonfirmasi positif, empat pasien dalam pengawasan (PDP) dan dua orang dalam pemantauan (ODP).


Editor : Nani Suherni